Petugas menutup sementara aktivitas penambangan pasir di Desa Tanggulangin, Kebumen, Senin (12/9/2022)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Wahyu Kurniawan

Sebabkan 7,6 Hektar Lahan Hilang, Penambangan Pasir Ilegal di Kebumen Akhirnya Ditutup

Senin, 12 September 2022 - 21:26 WIB

Kebumen, Jawa Tengah - Eksplorasi penambangan pasir liar di Sungai Lukulo, tepatnya di Desa Tanggulangin, Kecamatan Klirong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, akhirnya ditutup, Senin (12/9/2022). 

Hal tersebut tertuang dalam hasil rapat koordinasi penyelesaian persoalan penambangan pasir liar di Balai Desa Tanggulangin yang dihadiri dari Forkompimcam, Dinas Lingkungan Hidup, Kelautan dan Perikanan Kebumen, TNI, Polri dan Satpol PP Kebumen.

Hasil rapat tersebut menghasilkan keputusan yang tercatat dalam notulen, yaitu diantaranya penambangan pasir harus berizin. Selama izin belum ada semua kegiatan penambangan pasir di Sungai Lukulo dari hulu sampai hilir dihentikan terlebih dahulu.

"Hasil rapat hari ini penambangan pasir di Desa Tanggulangin, bakal dihentikan sampai dengan mereka mengantongi izin menambang," jelas Kasimin Kepala Desa Tanggulangin Senin (12/9/2022) siang.

Menurut Kasimin, langkah tegas ini dilakukan karena kegiatan tersebut tidak mengantongi izin aktivitas penambangan dan merusak lingkungan. Akibat dari kegiatan penambangan liar yang dilakukan, wilayah tersebut mengalami abrasi parah. 

Upaya mengantisipasi kerusakan lingkungan lebih parah sudah berulang kali dilakukan pemerintah desa, namun tidak digubris para penambang. Bahkan, penambang semakin nekat beraktivitas mengambil pasir di bibir sungai yang sudah menjorok jauh ke lahan penduduk. 

"Kami sudah memasang papan larangan menambang pasir di wilayah tersebut. Memasang patok batas dan ratusan bambu penahan abrasi. Bahkan, sudah pernah dikasih garis polisi tetap aja gak digubris," lanjut Kasimin.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:03
00:58
07:10
03:08
07:10
01:19
Viral