Gandrung Swara Alghifari, dalang cilik asal Pati, Jateng (Foto : Istimewa).
Sumber :
  • Tim tvOne - Abdul Rohim

Gandrung Swara Alghifari, Dalang Cilik Asal Pati Raih Juara Pertama pada Festival Dalang Cilik Nasional 2022

Minggu, 25 September 2022 - 17:41 WIB

Pati, Jawa Tengah – Seorang dalang cilik asal Kabupaten Pati, Jawa Tengah, semakin moncer. Setelah Pada tahun 2020 ia menyabet juara pertama dalam lomba dalang anak di Kabupaten Pati. Kemudian mendapatkan juara tingkat Karesidenan Pati pada tahun 2021, kini di tahun 2022 salah satu putra terbaik Pati ini kembali menorehkan prestasi tingkat nasional.

Adalah Gandrung Swara Alghifari. Dalang cilik berusia 13 tahun yang saat ini tercatat sebagai siswa kelas 1 SMP Negeri 1 Kayen, Kabupaten Pati ini kemarin dinobatkan sebagai dalang cilik terbaik dengan menyabet juara pertama dalam Festival Dalang Cilik Nasional 2022, yang diselenggarakan di Plaza Fatahilah Kota Tua Jakarta, pada 22-24 September 2022.

Gandrung yang mewakili Provinsi Jawa Tengah ini berhasil mengalahkan 32 kontestan dalang cilik dari berbagai Provinsi di Indonesia.

Tri Luwih Winarto, orang tua Gandrung Swara Alghifari mengaku sangat bangga atas prestasi yang diraih anak bungsunya dari empat bersaudara itu. Pasalnya, Festival Dalang Anak tingkat nasional ini merupakan ajang yang sangat bergengsi karena pesertanya datang dari hampir semua Provinsi di Indonesia.

"Ajang ini sangat bergengsi untuk nama daerah, karena hampir semua provinsi mengirimkan kontestan. Hanya Provinsi Papua dan beberapa provinsi di luar Jawa yang tidak mengikuti," kata Tri Luwih Winarto, Minggu (25/9/2022).

Dalam Festival Dalang Cilik Nasional 2022 kemarin, Gandrung mementaskan wayang kulit dengan lakon “Anoman Obong”. Memanfaatkan waktu 45 menit yang diberikan panitia, penampilan Gandrung memukau para juri. Sehingga dia dinobatkan sebagai dalang anak terbaik untuk usia 12-15 tahun.

Tri Luwih menambahkan, selain Gandrung, anak-anak yang tergabung dalam kelompok karawitan anak “Mangku Bumi Nusantara” yang mengiringi pentas wayang kulit yang dilakonkan Gandrung saat lomba juga patut diapresiasi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral