Suasana Arak-arakan Hasil Bumi dalam Merti Dusun Desa Keji, Ungaran Barat, Kab. Semarang..
Sumber :
  • Tim tvOne - Aditya Bayu

Tradisi Merti Dusun, Warga Gelar Arak-arakan Aneka Tumpeng Hasil Bumi

Selasa, 27 September 2022 - 10:31 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Ratusan warga Dusun Suruhan, Desa Keji, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang bersuka cita mengikuti tradisi merti dusun sebagai wujud syukur atas rejeki yang dilimpahkan oleh Allah kepada desa mereka. Aneka tumpeng hasil bumi diarak keliling kampung dan kemudian dibagikan kepada masyarakat pada Senin(26/9/2022) sore kemarin.

Tumpeng-tumpeng yang diarak, dikumpulkan, dan berdoa bersama dipimpin oleh tokoh agama setempat dan kemudian dimakan bersama seluruh warga.

Tradisi tahunan ini, sempat terhenti tiga tahun belakangan akibat pembatasan kegiatan saat pandemi Covid-19.

Mereka menari, bernyanyi dan mengeluarkan atraksi budaya apa saja yang dimiliki untuk memeriahkan merti dusun itu.

Kepala Dusun Suruhan Anang Yudianto mengatakan, tradisi merti dusun di Suruhan ada berapa rangkaian, diawali resik-resik (bersih-bersih) kali, arak-arakan dan kemudian dilanjutkan pagelaran wayang kulit semalam suntuk. Peserta arak-arakan ini ada sembilan kontingen yang terdiri atas RT di wilayah itu, perangkat Desa Keji, sekolah, dan pondok pesantren. 

"Tujuan kegiatan ini selain sebagai hiburan warga juga nguri-uri budaya dan adat istiadat di Dusun Suruhan. Tak kalah penting dengan kegiatan ini bisa memupuk persatuan, dan tali silaturahmi sesama warga," katanya. 

Sementara itu, Pembina Desa Wisata Jateng Yosiadi Bambang Singgih, mengapresiasi apa yang dilakukan warga dalam menyambut merti dusun ini. Mereka antusias menampilkan apa yang dimiliki dengan swadaya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:18
09:09
06:21
05:05
03:27
01:36
Viral