Suasana pembagian bibit alpukat di Desa Selodoko Ampel Boyolali, Kamis (6/10/2022)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Agus Saptono

Jaga Ketahanan Pangan Pemdes Selodoko Boyolali Bagikan 4.586 Bibit Alpukat

Kamis, 6 Oktober 2022 - 23:08 WIB

Boyolali, Jawa Tengah  – Guna menjaga ketahanan pangan, Pemerintah Desa (Pemdes) Selodoko, Ampel, Boyolali, Jawa Tengah membagikan 4.586 bibit alpukat varian kalibening kepada 1.391 kepala keluarga di desa tersebut.

Kepala Desa Selodoko, Boyolali, Lasmo mengatakan, pengadaan bibit alpukat tersebut berasal dari dana desa sejumlah Rp163 juta. Berdasarkan peraturan menteri, 20 persen dari dana desa digunakan untuk ketahanan pangan.

“Jadi ekspektasi saya, ketika bibit ini tumbuh semisal 3.000 batang pada panen perdana. Tiga tahun lagi panen perdana, per batang bisa 30 – 40 kilogram, misal saja nanti harganya per kilogram Rp10.000 begitu sudah berapa hasilnya,” kata Lasmo, Kamis (6/10/2022).

Lebih lanjut Lasmo mengatakan, selain bertujuan untuk mewujudkan ketahanan pangan di Selodoko, pemberian bibit alpukat Kalibening tersebut juga diharapkan memberikan dampak ikutan seperti adanya ekosistem alpukat sehingga nantinya Selodoko menjadi Desa Alpukat.

“Harapan saya sih begitu, tapi tetap yang utama adalah menjaga ketahanan pangan, jadi urusan perut. Soal dampak ikutan biar nanti berjalan sendiri,” terangnya.

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura (Kabid TPH) Dinas Pertanian (Dispertan) Boyolali, Kristini Boedyarti, yang juga hadir dalam pembaguan bibit tersebut mengatakan harapan dari Pemerintah Kabupaten Boyolali bahwa bibit yang dibagikan benar-benar ditanaman dan dipelihara.

“Yang jelas lewat kegiatan ini, kami dari Dinas Pertanian berharap bisa mengembangkan kawasan hortikultura terutama buah-buahan di Boyolali. Semoga ini menjadi sentra baru untuk perkembangan tanaman buah alpukat di Boyolali,” jelas Kristini Boedyarti.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral