Pelantikan pengurus Baznas Wonosobo periode 2022 -2027, Senin (17/10/2022).
Sumber :
  • Tim tvOne - Ronaldo Bramantyo

Baznas Diharapkan Bantu Atasi Kemiskinan di Wonosobo yang Tertinggi Kedua di Jateng

Senin, 17 Oktober 2022 - 16:58 WIB

Wonosobo, Jawa Tengah – Kabupaten Wonosobo merupakan daerah termiskin ke dua di wilayah Provinsi Jawa Tengah. Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah diharapkan mampu menjadikan zakat sebagai instrumen mendongkrak perekonomian masyarakat untuk pengentasan kemiskinan.

“Baznas Wonosobo harus mampu menjadikan zakat sebagai instrumen yang mampu mendongkrak bagi peningkatan perekonomian masyarakat serta dapat menjadi bagian yang cukup penting dalam pengentasan kemiskinan di Kabupaten Wonosobo,” ujar Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat, saat pelantikan pengurus Baznas periode 2022 -2027, di Setda Wonosobo, Senin (17/10/22).

Tak hanya itu, Afif juga mengatakan pengelolaan zakat harus dapat dipertanggungjawabkan mulai dari pengumpulan, pengelolaan keuangan, pendistribusian dan pendayagunaan serta nilai kemanfaatannya.

“Mobilisasi dana zakat harus berbanding lurus dengan peningkatan jumlah orang miskin yang tertolong kehidupannya, serta bagi pengurangan angka kemiskinan di Wonosobo, sehingga Baznas dan semua pengelola zakat wajib mengupayakan kemudahan akses bagi orang miskin terhadap dana zakat tersebut,” tambahnya.

Lanjutnya, seiring dengan bertumbuhnya kesadaran masyarakat untuk berzakat melalui amil, tentu akan mampu menstimulasi jajaran Baznas dalam melaksanakan amanah sebaik-baiknya, memperbaiki kinerja organisasi dan memperluas pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Sementara itu, Ketua Baznas Provinsi Jawa Tengah KH Ahmad Darodji mengajak kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Wonosobo untuk terus berzakat.

Menurutnya, dengan jumlah ASN Pemkab Wonosobo sekitar 6000 orang dan rutin membayar wajib zakat sebesar 2,5%. Maka akan terkumpul dana zakat sekitar Rp 1,2 miliar per bulan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral