Pertunjukan wayang yang dibawakan seorang dalang cilik (Dok. Sanggar SKWL)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Agus Saptono

Meriahkan Hari Wayang Sedunia, SKWL Nusantara Boyolali Gelar Festival Dalang Bocah

Selasa, 18 Oktober 2022 - 21:16 WIB

Boyolali, Jawa Tengah - Sanggar Sedulur Keluarga Wartoyo Lovers (SKWL) Nusantara di Dusun Bulu, Desa Tegalgiri, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah menggelar festival dalang bocah. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 5 sampai 7 November 2022.

Pemilik dan pengajar Sanggar SKWL Nusantara, Ki Gondo Wartoyo, menyampaikan, festival dalang bocah ini digelar sebagai rangkaian untuk memeriahkan Hari Wayang Sedunia yang jatuh pada tanggal 7 November. Peserta lomba kali ini adalah anak di bawah usia 13 tahun.

"Kita adakan tanggal 5 dan 6 (November), nanti kalau pesertanya banyak sampai tanggal 7 (November). Festival atau lomba dalang bocah di bawah 13 tahun. Pendaftaran kita tutup akhir bulan ini tanggal 30 (Oktober). Sampai saat ini sudah ada 17 pendaftar dari berbagai daerah ada Solo, Klaten, Boyolali, Kendal, Ngawi, dan sebagainya," ujar Ki Gondo Wartoyo, Selasa (18/10/2022).

Dijelaskan, untuk mendukung pelaksanaan, tim dari sanggar telah menyiapkan peralatan pendukung seperti alat musik karawitan lengkap, termasuk pesinden. Sejauh ini ada 20 orang dalam cilik yang telah mendaftar.

"Tapi kalau peserta ingin membawa tim sendiri juga gak apa-apa. Kita bebaskan. Dan yang paling bebas lagi kita gak ngambil dari pathet enam, pagelarannya maksudnya, gak pathet enam, pathet songo, pathet menyuro, kita serahkan ke peserta saja. Kita ngikut kabisane anak," ujarnya.

Dalam lomba ini, lanjut Ki Gondo, tidak diambil menang dan kalahnya. Namun yang paling penting dari kegiatan ini adalah mengembangkan seni dan budaya, khususnya wayang kulit. Sekaligus membangkitkan semangat generasi muda agar ke depan tetap mencintai budaya.

"Nanti juga akan ada jurinya dari tim dalang senior, juga ada kawan-kawan dari ISI Solo. Dalam pelaksanaannya nanti masing-masing peserta diberi waktu maksimal satu setengah jam. Hadiahnya menang kalah dapat cinderamata, kita kasih wayang, piagam, dan uang untuk juara 1, 2, dan 3," ujarnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral