Arisan gotong royong sambungrasa kalyana mitta lintas agama, Kamis (20/10/2022)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Abdul Rohim

Arisan Lintas Agama, Cara Menjaga Kerukunan Antar Umat Beragama di Pati

Jumat, 21 Oktober 2022 - 08:01 WIB

Pati, Jawa Tengah - Umat Buddha di Kabupaten Pati dan Jepara, Jawa Tengah, mempunyai cara unik untuk menjaga kerukunan antar umat beragama. Kegiatan yang diikuti peserta dari lintas agama itu dibuat dalam bentuk arisan gotong royong. 

Hasilnya, arisan dengan peserta lintas agama ini mampu menarik ribuan peserta dari berbagai daerah. Tidak hanya diikuti Keluarga Buddhayana Indonesia (KBI) Pati dan Jepara, kegiatan lintas agama ini juga mampu menarik peserta dari luar daerah, seperti Semarang, Temanggung hingga Jakarta .

Kegiatan yang dipusatkan di Vihara Catur Dhamma Dhatu Desa Bleber, Kecamatan Cluwak, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, ini berlangsung sangat meriah. Peserta terlihat antusias saat menunggu hasil pengundian untuk mendapat doorprize dari panitia kegiatan.

Ketua pengurus cabang Majelis Buddhayana Indonesia (MBI) Pati, Sutriman, mengatakan peserta yang mengikuti kegiatan arisan gotong royong sambungrasa kalyana mitta ini mencapai 8.888 orang. 

"Majelis Buddhayana Indonesia Kabupaten Pati dan Jepara dengan kegiatannya adalah membentuk arisan dengan jumlah peserta 8.888 orang," kata Sutriman, Kamis (20/10/2022). 

Sutriman yang juga sebagai ketua arisan gotong royong sambungrasa kalyana mitta, menambahkan tidak hanya diikuti umat Budha saja, namun 500 orang diantaranya merupakan peserta dari agama lain, yakni Islam dan Kristen

"Ini adalah wujud kolaborasi karena anggotanya tidak hanya Buddha, ada yang dari Kristen ada yang dari Islam," imbuhnya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral