Petani di Desa Sumbersari, Pati, mengolah sawah di lereng pegunungan Kendeng utara yang gundul..
Sumber :
  • Tim tvOne - Abdul Rohim

Pegunungan Kendeng Gundul dan Banyak Tambang, Petani di Pati Selatan Cemas

Kamis, 27 Oktober 2022 - 23:10 WIB

Pati, Jasa Tengah - Kondisi pegunungan kendeng utara di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, semakin memprihatinkan akibat eksploitasi. Selain penggundulan hutan juga maraknya galian C atau penambangan di lereng-lereng pegunungan Kendeng.

Kondisi seperti ini terlihat di lereng pegunungan Kendeng di Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati. Di wilayah ini tampak area tambang menghiasi lereng pegunungan Kendeng menuju ke Desa Beketel, Kecamatan Kayen. 

Terlihat juga kendaraan berat truk melintas memuat batu kapur dari lereng pegunungan Kendeng.

Tak hanya itu, penggundulan hutan di pegunungan Kendeng utara juga terlihat dari kejauhan. Tidak ada pepohonan di atas pegunungan perbatasan Kabupaten Pati dengan Grobogan ini.

Imbas dari penggundulan hutan dan penambangan di pegunungan Kendeng utara tersebut dirasakan para petani di sekitar lereng pegunungan Kendeng.

Salah seorang petani, Suharno (49), warga Desa Sumbersari, Kecamatan Kayen, mengatakan penambangan yang marak di pegunungan kendeng utara mematikan sumber mata air yang selama ini banyak di manfaatkan petani untuk memenuhi kebutuhan pengairan di sawah dan untuk mencukupi kebutuhan air warga sehari-hari. 

"Di sebelah kanan desa saya banyak penambangan. Di jalur menuju plorotan semar ada penambangan, dampaknya cukup dirasakan petani karena disitu merusak sumber air yang selama ini di manfaatkan oleh petani di sekeliling pegunungan kendeng ini untuk pengairan sawah dan kebutuhan air warga," ujar Suharno, Kamis (27/10/2022). 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral