Jembatan Karanggantung, Kendal yang Ambrol di Satu Sisi..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Jembatan Ambrol Diterjang Banjir, Warga 3 Dukuh di Kendal Terancam Terisolasi

Selasa, 8 November 2022 - 09:31 WIB

Kendal, Jawa Tengah - Hujan deras yang melanda wilayah Kendal, Jawa Tengah beberapa hari ini menyebabkan kerusakan sejumlah fasilitas umum, salah satunya jembatan.

Satu di antaranya jembatan yang rusak adalah jembatan Karanggantung yang mengalami erosi, ambrol sebagian dan berpotensi roboh.  Akibatnya sekitar 1.500 warga di tiga dukuh di Desa Sojomerto Kecamatan Gemuh terancam terisolasi. Yaitu Dukuh Karanggantung, Dukuh Sumyak, dan Dukuh Seneng.

Untuk mengamankan jembatan, puluhan warga coba mengatasi dengan memasang besi sepanjang 12 meter sebagai alas alternatif untuk kendaraan roda empat yang melalui jembatan Karanggantung.

Jembatan Karanggantung menjadi satu-satunya akses penghubung antara tiga dukuh tersebut. Saat ini, sebagian pondasi terkena erosi bahkan sudah memakan separuh jalan beton.  

Menurut Kepala Dukuh Sumyak, Muhammad Ka'ab, pihaknya khawatir apabila jembatan ini tidak segera diperbaiki maka kegiatan akan terganggu mengingat jembatan ini merupakan akses utama warga untuk menjangkau aktifitas pendidikan, ekonomi, dan kesehatan.

"Ini sudah hampir separuh ambrol, kalau tidak segera diatasi, bisa tambah longsor karena aliran sungai saat musim hujan seperti sekarang ini cukup deras, sehingga bisa mengerus pondasi jembatan," jelas Muhammad Ka'ab, Senin (7/11/2022).

Sementara itu, dari pihak Kecamatan Gemuh sudah melaporkan ke UPTD terkait agar dapat segera mendapatkan perbaikan terhadap jembatan ini. (Tjs/Dan)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
00:54
Viral