Ventilasi udara Bio Antibakteri daun sirih buatan siswa SMPN 3 Pati..
Sumber :
  • Tim tvOne - Abdul Rohim

Ventilasi Udara Bio Antibakteri Daun Sirih Buatan Siswa SMPN 3 Pati Juara di Kompetisi Sains Internasional

Kamis, 10 November 2022 - 17:39 WIB

Pati, Jawa Tengah - Siswa SMP Negeri 3 Pati, Jawa Tengah, melakukan penelitian mesin ventilasi udara mekanik dengan bio antibakteri dari daun sirih. Temuan yang bisa membantu membersihkan udara kotor serta anti bakteri ini berhasil menyabet medali emas pada ajang International Science and Invention Fair (ISIF) 2022 di Bali akhir pekan lalu.

Lima siswa SMP Negeri 3 Pati, Jawa Tengah, kembali menunjukkan prestasinya di bidang sains. Ventilator udara dengan anti bakteri dari daun sirih buatan siswa SMP Negeri 3 Pati ini berhasil meraih penghargaan spesial award dan medali emas dalam ajang International Science and Invention Fair (ISIF) yang digelar di Bali, pada Jumat (4/11/2022).

Kelima siswa SMP Negeri 3 Pati, masing-masing Syabilla Lovely Malaksa, Agia Keisha Naifazahra, Keysha Aurell Anindikazzahra, I Wayan Wiyasa Helza Zaneta dan Devicha Twicy Putri Alea ini mendapatkan medali emas di bidang physic, energy and engineering setelah berhasil menyisihkan 614 tim dari 32 negara. Tidak hanya itu, kelima siswa tersebut juga mendapatkan special award dari Doza Srekja Macedonia.

Salah satu tim project sains SMP Negeri 3 Pati, Keysha Aurell Anindikazzahra mengatakan, mesin ventilasi udara yang mereka buat menjadi semakin lengkap dengan bio antibakteri dari daun sirih. Sehingga tak hanya membuat mesin ventilasi udara mekanik saja, namun untuk anti bakterinya juga berasal dari bahan alami.

Jadi mesin ventilasi udara ini sangat aman bagi kesehatan karena semua bahannya alami tidak ada bahan kimia. Untuk cara kerjanya, udara kotor di lingkungan akan disedot masuk ke mesin untuk kemudian di filterisasi.

"Ini adalah mesin ventilasi udara mekanik dengan bio antibakteri dari daun sirih dan dibantu oleh mist maker untuk menjadi uap. Kemudian udara masuk ke dalam exausment untuk dikeluarkan dan udara yang keluar sudah bersih, sehat dan mengandung bio antibakteri," kata Keysha Aurell Anindikazzahra, Kamis (10/11/2022).

Alat yang mereka buat memiliki dua filter, selanjutnya udara akan dialirkan masuk ruang bio antibakteri dari air daun sirih yang telah diuapkan. Barulah kemudian dialirkan keluar kembali. Udara yang keluar tentu akan terjamin bersih, sehat dan tentu mengandung bio antibakteri.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
00:40
09:45
02:10
08:30
01:38
Viral