Suasana evakuasi Lansia di Klaten Tercebur Septic Tank.
Sumber :
  • Agus Saptono

Seorang Pria Lansia 60 Tahun di Klaten Tewas Tercebur Septic Tank Akibat Tanah yang Tiba-tiba Ambles

Selasa, 15 November 2022 - 05:05 WIB

Klaten, Jawa Tengah - Samsudin, seorang lansia warga Desa Jemawan, Kecamatan Jatinom, Klaten, Jawa Tengah tewas tercebur ke dalam septic tank di rumahnya, Senin (14/11/2022) sore, korban tewas akibat tertimbun material.

Informasi yang dihimpun, peristiwa nahas itu bermula ketika korban hendak memperbaiki lantai bagian septic tank yang berlubang. Namun saat hendak mengurug lubang tersebut tiba-tiba tanah yang diinjak korban mengalami ambles hingga menyebabkan pria berusia 60 tahun ini terperosok dan tewas tercebur septic tank.


Kejadian itu baru diketahui pihak keluarga pada Senin petang. Saat ditemukan, korban sudah dalam kondisi meninggal dunia. Kejadian itu kemudian dilaporkan ke polisi.

Kapolsek Jatinom, Iptu Nahrowi, mengatakan, saat kejadian itu cuaca dalam kondisi hujan deras. Diduga tanah labil dan lantai sudah rapuh sehingga tanah ambles dan menyebabkan korban terjatuh ke dalam septic tank.

"Sekitar habis magrib kejadian itu diketahui keluarga dan langsung memanggil para tetangga. Kami begitu mendapatkan laporan langsung mengecek ke lokasi kejadian," ujarnya.

Sementara itu, proses evakuasi dilakukan petugas gabungan dari Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Satuan Polisi Pamong Praja (Damkar Satpol-PP), Tim SAR, beserta para relawan. Proses evakuasi berlangsung selama empat jam hingga Senin malam.

"Karena korban tertimbun material sehingga korban tidak bisa kita angkat. Kalau harus menggunakan peralatan takutnya nanti melukai korban sehingga kita sepakat memakai semprotan air tekanan tinggi untuk menyibak timbunan material di bawah yang menimbun korban. Teknik pengangkatannya vertikal rescue menggunakan block and tackle," ujar Komandan SAR Klaten, Irwan Santoso.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral