Petugas BPBD Kabupaten Banyumas mengecek lokasi longsor di Desa Karangkemiri, Kecamatan Pekuncen..
Sumber :
  • Tim tvOne - Sonik Jatmiko

Akibat Hujan Deras, Banjir dan Longsor Landa Sejumlah Wilayah di Banyumas

Sabtu, 19 November 2022 - 15:31 WIB

Banyumas, Jawa Tengah - Hujan deras di wilayah Kabupaten Banyumas, Jumat (18/11/2022) malam menyebabkan bencana banjir dan longsor di sejumlah wilayah. Terparah, banjir terjadi di dua kecamatan, yakni Kecamatan Pekuncen dan Gumelar.

Data yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas, banir di Desa Cikawung, Kecamatan Pekuncen terjadi akibat luapan Sungai Arus. Kejadian itu menyebabkan sebuah rumah milik warga terendam.

Banjir juga terjadi di wilayah Desa Gumelar dan Desa Samudra, Kecamatan Gumelar akibat meluapnya Sungai Tajum di wilayah tersebut. 

"Di Desa Gumelar, Grumbul Mijahan, banjir menyebabkan sebuah fasilitas umum pos ronda hanyut. Banjir membuat tiga rumah warga terendam setinggi 50 cm," terang Kepala BPBD Kabupaten Banyumas, Budi Nugroho dalam laporan tertulisnya.

Sementara itu, bencana longsor juga terjadi di dua kecamatan tersebut. Di Desa Karangkemiri Kecamatan Pekuncen, tebing setinggi tujuh meter longsor dan menyebabkan kerusakan rumah warga. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

"Tebing setinggi sepuluh meter juga alami longsor, menimpa jalan desa penghubung Desa Karangkemiri dengan Desa Semedo. Untuk saat ini, tidak bisa dilalui kendaraan roda dua maupun rada empat," ujarnya.

Di Kecamatan Gumelar, tanah longsor juga menimpa sejumlah titik di jalan kabupaten penghubung wilayah Gumelar dengan Petuguran, Kabupaten Brebes, sehingga jalan tersebut tidak bisa dilalui kendaraan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral