Tim Urban SAR dari Kantor SAR Semarang Diterjunkan ke Lokasi Gempa Cianjur, Jawa Barat..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Kantor SAR Semarang Kirim Lagi Personil Tambahan Berkualifikasi Urban SAR ke Cianjur dan Anjing Pelacak

Selasa, 22 November 2022 - 11:33 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Kantor Pencarian dan Pertolongan atau SAR Semarang kembali mengirimkan tim untuk membantu proses Pencarian dan evakuasi korban gempa Cianjur.  

Sebanyak 38 personel berkualifikasi Urban SAR bergerak menuju Cianjur pada Selasa (22/11/2022) pagi. Mereka sebagian besar merupakan potensi SAR termasuk di dalamnya tim medis dan dapur umum. Tim juga membawa seekor anjing pelacak yang dimiliki oleh Basarnas Semarang. 


Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang Heru Suhartanto mengatakan, pengiriman tim tambahan tersebut untuk membantu mempercepat proses penanganan korban gempa Cianjur. Sebelumnya pada Senin malam, sebanyak 20 personel awal dari SAR Semarang sudah diperbantukan ke Cianjur.

"Kami mengirimkan lagi tim SAR gabungan dari potensi SAR Basarnas Semarang untuk membantu tim yang sudah tiba dahulu di lokasi. Kali ini kami mengirimkan tim medis, dapur umum dan juga anjing pelacak dari tim SAR Dog," jelas Heru.

Diharapkan, lanjutnya, dengan banyaknya tim SAR yang terjun di lokasi terdampak akan semakin mempercepat penanganan korban gempa 

Seperti diberitakan, gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,6 dengan kedalaman 10 km terjadi di Cianjur Jawa Barat, Senin (21/11/2022) siang. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat hingga saat ini sudah lebih dari 100 orang yang meninggal dunia dan 700-an orang luka-luka.

Gempa juga terasa di daerah sekitar Cianjur, antara lain Sukabumi, Bogor, Bekasi, hingga Jakarta. (Tjs/Dan)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral