Gubernur Jateng Ganjar Pranowo melepas bantuan untuk korban bencana gempa bumi Cianjur, Kamis (24/11/2022)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Bantu Korban Gempa Bumi, Jateng Kirim Bantuan Rp 1,87 Miliar ke Cianjur

Kamis, 24 November 2022 - 15:45 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melepas tim relawan gabungan serta bantuan untuk korban bencana gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat. Bantuan senilai Rp 1,87 miliar dikirimkan dalam bentuk barang dan uang tunai.

Bantuan untuk para korban gempa bumi tersebut berasal dari berbagai unsur di Jawa Tengah. Mulai pemerintah, lembaga dan instansi terkait, BUMD, badan usaha swasta hingga dunia usaha.

Dari total Rp 1,87 Miliar tersebut, sebesar Rp 1,48 Miliar dibelanjakan barang seperti bahan makanan, paket sembako, pakaian, perlengkapan pribadi, perlengkapan bayi dan perlengkapan di pengungsian. Kemudian bantuan tunai sebesar Rp 387juta.

“Urusan kemanusiaan siapapun bisa bergerak dan berkontribusi. Kolaborasi ini selalu kita coba untuk membantu sodara kita di nanapun yang terkena musibah khususnya ini Cianjur,” kata Ganjar usai melepas tim relawan dan bantuan di Halaman Kantor Pemprov Jateng, Kamis (24/11/2022). 

Beberapa daerah di Jateng juga mengirimkan petugas relawan. Dari Solo ada tim dokternya, dari Demak ada tim rescue, dari Kabupaten Semarang ada relawan Pramuka, juga dari Boyolali mengirim satu mobil cold storage membawa sayuran segar.

Gubernur Jateng berpesan khusus agar para relawan menjaga soliditas, fokus membantu dan tidak malah ngrepoto dan membebani.

"Jangan ngrepoti, makanan untuk tim harus diurus sendiri, kesehatan untuk tim diurus sendiri, kalau perlu tidak ada perumahan ya nggolek dewe, buat tenda sendiri sehingga kita datang ke sana betul-betul sebagai satu tim yang solid untuk bisa membantu masyarakat yang ada di Cianjur,” tegasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral