Launching Desa Anti Korupsi oleh KPK, Selasa (29/11/2022)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Aditya Bayu

Berantas Korupsi Mulai dari Desa, KPK Luncurkan Program Desa Anti Korupsi 2022

Selasa, 29 November 2022 - 21:10 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Sebagai bentuk upaya memberantas korupsi yang dimulai dari lini pemerintahan terdepan atau tingkat desa. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meluncurkan Desa Antikorupsi Tahun 2022 yang dipusatkan di Desa Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Selasa (29/11/2022).

Peluncuran 10 desa anti korupsi ini dilakukan langsung oleh Ketua KPK Firli Bahuri, dan dihadiri oleh Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, serta sejumlah perwakilan menteri dan Gubernur.

Ketua KPK RI Firli Bahuri menyampaikan bahwa dalam memberantas korupsi tidak bisa dilakukan oleh satu lembaga saja. Oleh karena itu KPK mengajak segenap masyarakat untuk ikut dalam upaya pemberantasan korupsi termasuk masyarakat desa.

" Potensi desa sangat strategis, begitu strategisnya peran kepala desa dan aparatur desa, saya teringat semangat Bung Hatta yang menyebut, Indonesia tidak akan bercahaya dengan obor besar di Jakarta, tetapi akan bercahaya dengan lilin-lilin kecil dari desa," ujar Firli Selasa (29/11/2022).

KPK mengajak segenap masyarakat untuk melakukan pembatasan korupsi dan menjadi penting karena sangat memahami bahwa tujuan negara tanpa peran semua pihak, tidak mungkin bisa wujudkan. 

Oleh karena itu, KPK bersemangat dari Desa diwujudkan Indonesia bebas dari korupsi tidak hanya berhenti di sana. Bahkan, pembangunan desa di seluruh tanah air merupakan pondasi dasar bagi kemajuan bangsa. 

"Sehingga, begitu pentingnya dan kedudukan desa dan mereka menuju negara Indonesia dan ikut aktif memelihara tertib tentang dunia berdasarkan kemerdekaan dengan mewujudkan tujuan negara tidak melakukan praktek praktek korupsi," imbuhnya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral