UMKM handcraft asal Ungaran, Kabupaten Semarang tampilkan aneka kerajinan tangan..
Sumber :
  • Tim tvOne - Aditya Bayu

Dorong Kemajuan Ekonomi Daerah, HIPMI Festival 2022 Hadirkan Puluhan Produk UMKM

Senin, 19 Desember 2022 - 22:22 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Guna mewujudkan kolaborasi ekonomi, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Semarang menggelar HIPMI Festival 2022. Dalam festival ini diikuti oleh 50 stan produk UMKM unggulan serta produk usaha Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kabupaten Semarang.  

Ketua Badan Pengurus Cabang (BPC) HIPMI Kabupaten Semarang, Rizka Dwi Prasetyo mengatakan penyelenggaraan HIPMI Fest ini merupakan implementasi dari Bupati Semarang yang meminta HIPMI bisa ‘jembatan’ kebutuhan para pelaku ekonomi dengan beberapa stakeholder terkait.

" Kegiatan ini seperti slogan kita yaitu stop kompetisi mari kolaborasi. Jadi harapan kami semua pelaku UMKM, BUMDES dan swasta serta investor bisa memanfaatkan kegiatan ini untuk bersama sama memajukan ekonomi daerah," ujar Rizka pada Senin (19/12/2022).

Ditambahkan Rizka, HIPMI Festival 2022 diharapkan bisa membangun kolaborasi para pelaku usaha dan UMKM di Kabupaten Semarang dan tidak saling berkompetisi lagi, namun justru bersinergi demi mendukung upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Semarang dalam mempercepat pemulihan ekonomi daerah dan nasional.

" Saat ini, bukan saatnya berkompetisi dan saling menjatuhkan, sebaliknya para Pelaku usaha bisa berkolaborasi dan saling mendukung untuk kemajuan bersama demi mengangkat perekonomian daerah," imbuhnya.

Rizka juga menjelaskan bahwa saat ini Kabupaten Semarang memiliki BUMDES dan UMKM yang cukup banyak. Untuk BUMDES jumlahnya saat ini ada kurang lebih 63 BUMDES yang aktiv dan UMKM kurang lebih berjumlah 82 ribu. 

" Ini jumlah yang fantastis. Kami akan membantu BUMDES dan UMKM yang mengalami kesulitan, khususnya bagi mereka yang sedang mengurus perijinan. Kita siap membantu. Kami ada kantor HIPMI yang siap membantu pelaku usaha yang kesulitan mengakses Online Single Submission (OSS)," imbuhnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:11
05:51
01:35
02:53
01:13
01:10
Viral