Gelombang laut pasang di Demak, Jawa Tengah, Selasa (27/12/2022)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Syamsul Arifin

Puluhan Rumah Warga di Demak Rusak Diterjang Gelombang Pasang

Selasa, 27 Desember 2022 - 17:58 WIB

Demak, Jawa Tengah - Cuaca buruk dan gelombang tinggi antara 2 hingga 2,5 meter di Laut Jawa menerjang kawasan pesisir Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Akibatnya puluhan rumah  warga di pinggir pantai di Desa Bedono, Kecamatan Sayung rusak berat diterjang gelombang pasang, Selasa (27/12/2022).

Kepala Desa Bedono, Agus Salim menyatakan gelombang pasang di Laut Jawa khususnya di pesisir pantai Demak yang terjadi sejak 3 hari lalu, telah menerjang desanya. Selain merusak puluhan rumah, gelombang pasang ini juga menghancurkan tanggul penahan gelombang.

“Sekitar 20 rumah mengalami rusak berat  dan belasan lainnya rusak ringan. Terjangan gelombang tinggi juga  manghancurkan tanggul penahan gelombang  dan merusak akses jalan desa,” kata Agus.

Pujiatun (45) warga Dukuh Morosari, Desa Bedono mengungkapkan, gelombang tinggi disertai angin kencang terjadi sudah 3 hari ini dan ketinggian gelombang mencapai 2,5 meter.

“Saat datang gelombang tinggi, warga berusaha menyelamatkan diri, meninggalkan rumah  dan menjauh dari bibir pantai”, kata Pujiatun.

Gelombang tinggi di Laut Jawa memaksa warga yang umumnya bekerja sebagai nelayan  tidak berani melaut.Para nelayan  memilih menambatkan perahunya di pinggir sungai yang jauh dari muara pantai. Hal ini dimaksudkan agar perahunya tidak rusak akibat diterjang gelombang pasang.

"Saya sementara waktu menunggu gelombang laut mereda. Untuk menghindari kerusakan, perahu saya tempatkan di tempat  lebih aman yang tidak terjangkau oleh gelombang pasang”, kata Muslihun (46) nelayan yang tinggal di Dukuh Morosari, Bonang.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral