Warga Binaan Rutan Salatiga jalani pemeriksaan kesehatan. Selasa (10/1/2023)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Aditya Bayu

Deteksi Dini HIV, Rutan Salatiga Lakukan VCT dan Vaksinasi pada Warga Binaan

Rabu, 11 Januari 2023 - 09:40 WIB

Salatiga, Jawa Tengah - Guna melakukan deteksi dini HIV dan pelaksanaan vaksinasi kepada warga binaan, Rutan Salatiga bersama Dinas Kesehatan Kota Salatiga dalam hal ini Puskesmas Sidorejo Lor dan Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Salatiga melaksanakan program Voluntary Counseling and Testing (VCT) dan pelaksanaan vaksinasi kepada warga binaan baik yang belum divaksin sama sekali maupun yang belum vaksin dua ataupun booster.

Kepala Rutan Salatiga Andri Lesmano mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk dukungan dalam rangka mempercepat program pemerintah untuk deteksi dini HIV dan percepatan vaksinasi Covid-19.

" Hari ini ada 162 WBP yang menjalani pemeriksaan VCT dan kurang lebih 39 WBP mengikuti pelaksanaan vaksinasi Covid-19," jelasnya pada Selasa (10/1/2023).

Andri menambahkan kegiatan hari ini juga dilaksanakan cek kesehatan gratis serta memberikan edukasi pada warga binaan terkait dengan deteksi dini HIV.

" Kegiatan ini terlaksana dengan dukungan berbagai pihak termasuk bekerjasama dengan DKK dan Puskesmas Sidorejo Lor," imbuhnya.

Sementara itu, dokter Rutan Salatiga Ihsan Fachruddin mengungkapkan bahwa penyelenggaraan kegiatan vaksinasi untuk WBP ini sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah dalam upaya percepatan vaksinasi covid 19.

" Selain vaksinasi kami juga mengadakan skrining VCT rutin per 3 bulan untuk seluruh wbp guna deteksi dini HIV," ujarnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:10
05:46
01:09
15:57
07:09
02:26
Viral