Mendung di langit Kota Semarang, Jawa Tengah, Rabu (18/1/2023).
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Prakiraan Cuaca Hari Ini Semarang Diguyur Hujan Ringan, Solo Raya Berpotensi Hujan Lebat

Rabu, 18 Januari 2023 - 10:42 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Mendung masih menyelimuti sebagian besar wilayah Jawa Tengah pada hari ini, Rabu (18/1/2023).  Diprediksi ibukota Jawa Tengah Semarang, akan diguyur hujan ringan pada siang hingga sore hari. Sementara Solo Raya berpotensi diguyur hujan sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang.

Demikian prakiraan cuaca yang dirilis BMKG Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang, Rabu (18/1). Berdasarkan yang diamati, Rabu pagi cuaca di Kota Semarang dan sekitarnya tampak berawan. Angin berhembus arah tenggara dengan kecepatan 3 km/jam, suhu udara tercatat 24,2 derajat celsius, dengan kelembaban udara 97 persen.

Parkirawan memprediksi, cuaca akan berubah pada siang hari. Kota Semarang akan diguyur hujan ringan hingga sedang terutama di bagian selatan. Kecepatan angin di siang dan sore akan bertambah menjadi 10 hingga 25 km/jam, suhu udara 26-32 derajat celsius, dan kelembaban udara 65-90 persen.

"Sementara itu untuk wilayah Jawa Tengah secara umum berawan pada pagi hari, tapi berpotensi hujan ringan hingga sedang di pesisir utara. Perubahan terjadi pada siang hingga petang yang umumnya akan terjadi hujan ringan," jelas prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Ahmad Yani, Rabu (18/1/2023).

Tapi ada sebagian daerah di Jawa Tengah yang berpotensi hujan sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang sejak siang hingga petang. Yaitu di sepanjang wilayah pegunungan, sebagian Solo Raya, pantura barat sisi selatan, sebagian pesisir selatan dan sekitarnya.

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat disertai kilat/petir dan diikuti angin kencang, dan lain-lain. Dampak yang dapat ditimbulkan antara lain banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.  (Tjs/Buz)

 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:52
00:44
03:48
01:02
01:32
04:19
Viral