Petugas Kesehatan Hewan di Kendal Berikan Vaksin LSD pada Ternak Sapi dan Kerbau..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Ratusan Sapi dan Kerbau di Kendal Terserang Penyakit LSD Pemkab Targetkan 10.000 Ternak Divaksin

Sabtu, 21 Januari 2023 - 13:52 WIB

Kendal, Jawa Tengah - Belum lama lepas dari penyakit mulut dan kuku atau PMK,  kini peternak di Kendal Jawa Tengah kembali harus berjibaku menghadapi wabah penyakit baru yang menyerang hewan ternak sapi dan kerbau. Lumpy Skin Disease (LSD) kini menyerang ternak mereka.

Paling tidak ada 183 ekor sapi dan kerbau terjangkit LSD yang tersebar di 13 kecamatan.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kendal Pandu Rapriat Rogojati mengatakan, Lumpy Skin Disease merupakan penyakit kulit infeksius bermateri genetik DNA dari genus capripoxvirus dan famili poxviridae.

Penyakit kulit pada ternak ini diawali dengan gejala timbul bintik-bintik di kulit seperti gudik atau kudis. Hewan yang terserang LSD mengalami kerusakan kulit yang ditunjukkan dengan banyaknya benjolan.

"Saat ini wilayah sebaran penyakit LSD di Kendal ada di 31 desa di 13 kecamatan. Total kasus ada 183 ekor, sedang kasus aktifnya saat ini ada 175 ekor. Kami selalu melakukan sosialisasi dan edukasi pada masyarakat maupun para peternak sapi. Jika ada gejala pada ternaknya bisa melaporkan dan akan dilakukan pengobatan maupun pemberian vaksin LSD," jelasnya, Sabtu (21/1/2023).

Untuk vaksinasi, lanjutnya, hingga saat ini sudah ada 689 ekor sapi yang sudah diberikan suntikan vaksin LSD. Pihaknya menargetkan 10 ribu sapi dan kerbau yang akan divaksin. (Tjs/Dan)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:22
02:06
01:38
02:44
02:07
01:01
Viral