Serka Bambang saat di lokasi budidaya ikan lele.
Sumber :
  • Tim tvOne - Edi Mustofa

Dukung Ketahanan Pangan, Babinsa di Kabupaten Pekalongan Sukses Budidaya Bibit Ikan Lele

Senin, 23 Januari 2023 - 21:37 WIB

Pekalongan. Jawa Tengah - Berawal dari mahal dan langkanya bibit ikan lele yang ada di wilayah Kecamatan Wonoringgo, Kabupaten Pekalongan, Babinsa Koramil 07/Wonopringgo Serka Bambang Susantosa, kini sukses membudidayakan bibit atau pemijahan ikan lele.

Saat ini Serka Bambang Susantosa mampu menyediakan bibit ikan lele sekitar 50.000 ekor per bulannya yang dipasok di wilayah Kabupaten Pekalongan.

“Apa yang saya lakukan saat ini adalah dalam rangka mendukung ketahanan pangan dimana lele sudah merupakan kebutuhan pokok yang dikonsumsi oleh masyarakat terutama dikalangan menengah kebawah”, jelas Serka Bambang saat ditemui, Senin (23/01/2023)

Serka Bambang juga mengaku awal mula menjalankan usaha pemijahan ikan lele tersebut dari kerabatnya pada tahun 2015 silam akhirnya ia mempunyai ide untuk mencobanya dengan memanfaatkan pekarangan depan rumahnya dan modal sekitar 10 juta rupiah. 

“Alhamdulillah sampai sekarang masih bisa bertahan dan dapat menambah penghasilan keluarga”, lanjutnya.

Dalam menjalankan usahanya tersebut Serka Bambang dibantu oleh dua orang tenaga kerja yang merupakan tetangganya sehingga tidak mengganggu kegiatan dinasnya.

“Saya dibantu dua orang tenaga kerja, yang satu kerja mengurusi kolam dan satunya lagi bagian pemasaran atau melayani pembeli”, tambahnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:24
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
Viral