Vaksin LSD.
Sumber :
  • Tim tvOne - Galih Manunggal

Cegah Penyakit Lumpy Skin Disease (LSD), Puluhan Hewan Ternak di Kudus Divaksin

Kamis, 2 Februari 2023 - 10:34 WIB

Kudus, Jawa Tengah – Sebagai upaya pencegahan terhadap penyakit Lumpy Skin Disease (LSD) pada hewan ternak, Sebanyak 29 ekor sapi perah di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah diberi vaksin LSD oleh petugas Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan) Kabupaten Kudus.

Penyakit Lumpy Skin Disease (LSD) merupakan penyakit kulit infeksius yang disebabkan Lumpy Skin Disease Virus (LSDV). Penyakit ini kerap ditemukan pada sapi dan kerbau dengan gejala muncul bintik dan bercak mirip cacar pada bagian tubuh hewan ternak.

Salah satu titik yang menjadi target penyuntikan vaksin LSD oleh Dispertan Kabupaten Kudus yakni di RT 02, RW 02 Desa Garung Lor, Kecamatan Kaliwungu di Susu Perah Sumber Segar di mana terdapat 29 ekor sapi perah di lokasi tersebut.

"Di kandang ini kami memvaksin LSD untuk 29 ekor sapi perah dosis pertama," kata Sub Koordinator Produksi dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus, Sidi Pramono, Rabu (1/2/2023).

Pihaknya berharap peternak di Kota Kretek dapat ikut serta proaktif kegiatan vaksinasi LSD. Sehingga semakin banyak ternak yang divaksin.

"Harapannya peternak dapat ikut serta vaksinasi LSD. Supaya daya tahan hewan ternak semakin bagus," imbuhnya

Sementara itu, Zaenal Abidin, Peternak sapi perah mengatakan, pihaknya memiliki 29 ekor hewan ternak. Dia ikut serta vaksinasi LSD agar ternaknya terhindar dari penyakit LSD.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral