Awan hujan di atas langit Semarang..
Sumber :
  • Tim tvOne/Teguh Joko Sutrisno

Waspada! Jateng Berpotensi Cuaca Ekstrem Dua Hari ke Depan

Minggu, 5 Februari 2023 - 08:09 WIB

Semarang, tvOnenews.com - BMKG Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang merilis data prospek cuaca ekstrim di Wilayah Jawa Tengah. Prakiraan cuaca tersebut berlaku dari tanggal 4 hingga 6 Februari 2023.

Berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer, terdapat potensi peningkatan pertumbuhan awan hujan dan cuaca signifikan di sebagian wilayah Indonesia, khususnya Jawa Tengah.

Potensi cuaca ekstrim dipengaruhi sejumlah fenomena, antara lain adanya fenomena Maden Jullian Oscillation (MJO) yang terpantau mulai aktif, utamanya di sisi barat wilayah Indonesia.

Kemudian, gelombang Rossby Ekuator terpantau aktif di wilayah Jawa bagian selatan. Selain itu, konvergensi di wilayah Jawa Tengah yang didukung dengan kelembaban udara yang relatif cukup tinggi dan labilitas lokal yang cukup labil. 

"Berdasarkan kondisi tersebut di atas, BMKG memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang - lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang untuk periode 4 Februari hingga 6 Februari 2023 dapat terjadi di wilayah Jawa Tengah," jelas Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang, Sutikno.

Daerah-daerah yang berpotensi cuaca ekstrim pada hari ini, Minggu 5 Februari 2023 adalah Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Temanggung, Wonosobo, Kendal, Kabupaten dan Kota Magelang, Salatiga, Boyolali, Klaten, Kab. Semarang, Brebes, Kabupaten dan Kota Tegal, Blora, Pati, Jepara, dan sekitarnya.

Kemudian pada tanggal 6 Februari 2023 adalah Cilacap, Brebes, Kabupaten dan Kota Tegal, Pemalang, Batang, Kendal, Kabupaten dan Kota Magelang, Klaten, Boyolali, Sragen, Jepara dan sekitarnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
02:40
02:12
02:15
01:24
01:49
Viral