Warga Blora saat menyaksikan permainaan liang liong dan barongsai, Minggu (6/2/2023).
Sumber :
  • Tim tvOne - Agung Wibowo

Ada Suguhan Lontong di Klenteng Hok Tik Bio, Ciri Khas Warga Blora Rayakan Cap Go Meh

Senin, 6 Februari 2023 - 10:10 WIB

Blora, JawaTengah – Ada yang khas di perayaan Cap Go Meh yang merupakan rangkaian peringatan Tahun Baru Imlek 2.574 di Klenteng Hok Tik Bio Blora, Minggu (5/2/2023) malam. 

Hal yang khas ini adalah Lontong Cap Go Meh, makanan yang disajikan tersebut merupakan ciri khas diacara perayaan Cap Go Meh yang ada di Kabupaten Blora, JawaTengah. 

Ketua TTID Klenteng Hok Tik Bio Blora, Budilistijo Suboko mengatakan, ada yang beda di perayaan Cap Go Meh di Blora dengan yang ada di Cina. Yakni,  adanya makanan khas Lontong Cap Go Meh.

"Perayaan Cap Go Meh disini yang paling khas adalah Lontong Cap Go Meh. Kalau cari di China tidak ada. Itu adalah bukti budaya Tionghoa di Indonesia turut akulturasi budaya Indonesia," ujar Budilistijo, saat ditemuai Minggu malam (6/2/2023). 

Tak hanya menikmati Lontong Cap Go Meh, Sekitar pukul 18.15 WIB, begitu alat musik pengiring ditabuh, menjadi magnet yang menyedot warga masyarakat untuk menyaksikan hiburan tradisional itu.

Suasana makin semarak, ketika pemain liang liong dan barongsai dari kelompok Naga Mustika mulai tampil di altar Klenteng Hok Tik Bio Blora. Warga yang datang merasa terhibur dengan berbagai atraksi yang ditampilkan oleh para pemain barongsai. 

"Sangat senang, dan ini sangat menghibur sekali buat warga Blora, saya berharap pertunjukan seperti ini sering diadakan tidak hanya pas perayaan Cap Go Meh saja," Ujar Siti saat meliht pertunjukan perayaan Cap Go Meh. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:04
01:41
01:18
01:54
01:26
01:52
Viral