Belasan kendaraan yang digunakan balap liar diamankan Satlantas Polres Semarang..
Sumber :
  • Tim tvOne - Aditya Bayu

Polres Semarang Amankan Belasan Unit Kendaraan Balap Liar

Rabu, 8 Februari 2023 - 21:20 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Jajaran Satlantas Polres Semarang berhasil mengamankan sejumlah kendaraan yang terlibat balap liar di beberapa ruas jalan di Kabupaten Semarang. Mirisnya, dalam ajang balap liar ini, polisi juga mengamankan sejumlah pengendara di bawah umur yang terlibat dalam balap liar.

Kasatlantas Polres Semarang, AKP Dwi Himawan C mengungkapkan, dari 12 kendaraan yang berhasil diamankan, 80 persen di antaranya dikendarai anak-anak di bawah umur.

"Hal ini harus menjadi perhatian kita bersama di mana tanggung jawab orang tua menjadi yang pertama dalam pengawasan anak anak. Kita tidak hanya lakukan penindakan saja, namun juga berikan edukasi bagi anak-anak dan orang tua," ujar Kasatlantas, Rabu (8/2/2023).

Melalui operasi Keselamatan Lalin Candi 2023, Polres Semarang mengedepankan 40 persen tindakan preemtif, 40 persen preventif, dan 20 persen represif. Oleh karena itu,  edukasi dan penyuluhan menjadi yang utama dalam keselamatan berlalu lintas.

Ditambahkan oleh Kasatlantas, pada saat sidang pelanggaran, diwajibkan untuk dihadirkan orang tua dan guru.

"Dalam upaya memberikan edukasi, dalam proses pengambilan kendaraan yang diamankan karena terlibat balap liar, tidak hanya pengendara saja, namun akan kita minta untuk didampingi pihak orang tua dan pihak sekolah (guru)," terangnya. (abc/ard)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
06:48
02:28
Viral