Petugas gabungan saat lakukan evakuasi korban kapal nelayan KM Gilang Putra Ramadan Jaya.
Sumber :
  • Tim tvOne - Ian Sutriana

TNI AL dan Tim SAR Gabungan Terus Lakukan Pencarian Korban KM Gilang Putra Ramadan Jaya

Kamis, 9 Februari 2023 - 12:52 WIB

Cilacap, Jawa Tengah - Tim Search And Rescue (SAR) gabungan terus melaksanakan pencarian terhadap kecelakaan kapal nelayan KM Gilang Putra Ramadan Jaya yang mengalami kecelakaan saat melaut di perairan Cilacap, Jawa Tengah, Kamis, 9/02/2023.

Hingga saat ini 3 dari 5 awak kapal berhasil diselamatkan, sedangkan satu 1 awak kapal tewas, dan 1 orang lainnya masih dalam pencarian.

Sebelumnya KM Gilang Putra Ramadan Jaya berangkat melaut dari pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap (PPSC) untuk menangkap ikan di perairan Cilacap pada Senin dini hari (6/2/2023). Seharusnya kapal kembali ke pelabuhan PPSC sore hari, namun hingga pukul 23.00 WIB kapal belum kembali dan komunikasi terputus.

Sejak  saat itu kapal nelayan ini dinyatakan hilang kontak, kejadian ini oleh warga kemudian dilaporkan ke Basarnas Cilacap. Setelah menerima informasi tersebut, Tim Rescue Basarnas Cilacap Bersama dengan unsur Lanal Cilacap dan Polair langsung menuju laut ke posisi yang terakhir yang dicurigai merupakan lokasi kejadian.

Tim SAR gabungan juga meminta bantuan kepada Syahbandar PPSC untuk melakukan broadcast message kepada kapal-kapal yang melintas di area tersebut untuk menginformasikan jika melihat kapal dengan ciri-ciri sesuai dengan kapal nelayan yang hilang kontak tersebut.

Kapal Gilang Putra Ramadhan Jaya membawa lima orang nelayan, terdiri dari empat orang warga kelurahan Tegal Kamulyan Kecamatan Cilacap Selatan dan satu orang warga Kabupaten Banyumas.

"Tiga personel Babinpotmar Lanal Cilacap turut bergabung dengan Tim SAR menuju koordinat lokasi kejadian. Tim SAR gabungan ini dilengkapi dengan satu unit RIB dan satu unit perahu karet lengkap dengan peralatan SAR untuk mencari korban yang belum ditemukan," jelas Komandan Lanal Cilacap Kolonel Laut (PM) Sugeng Subagyo kepada tvOnenews.com

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
25:54
00:52
02:08
02:13
01:10
01:07
Viral