Gubernur Khofifah kenalkan durian varietas lokal.
Sumber :
  • tim tvone - imron

Ikuti Festival Durian di Blitar, Gubernur Khofifah Kenalkan Durian Varietas Lokal

Minggu, 12 Februari 2023 - 21:03 WIB

Blitar, Jawa Timur - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa ikut merayakan Festival Durian Sumberasri 2023, di Desa Sumberasri, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar. Khofifah yang merupakan pecinta durian mengenalkan hasil panen durian varietas baru bernilai ekspor yang diberinya nama Durian Sumberasri. 

"Saya ini Durian Lover, makanya saya relatif bisa mengenali durian dan kualitasnya. Nah rupanya disini ada salah satu varietas durian yang belum punya nama. Padahal rasa, rupa, dan kualitasnya hampir seperti Durian Black Thorn punya Malaysia. Saya akan memberikan nama yang lekat dengan desa ini yaitu Durian Sumberasri. Sesuai nama desanya," jelas Khofifah, Minggu (12/01). 

Mantan Mensos itu pun percaya bahwa Durian Sumberasri akan menjadi salah satu komoditas ekspor unggulan Kabupaten Blitar dan Jawa Timur. Apalagi, dengan mengangkat nama Sumberasri sebagai Desa Wisata.

"Duriannya Sumberasri ini menjadi ikon wisata yang khas. Dan dari sana, Sumberasri menjadi Desa Wisata. Blitar memiliki tanah yang cocok untuk tanaman durian. Orang-orang yang ke Sumberasri belum bisa dibilang sudah ke sana kalau belum menikmati duriannya," imbuhnya. 

Lebih lanjut, Gubernur Khofifah memberikan apresiasi terhadap Festival ini, karena bisa menggugah petani untuk terus membudidayakan durian lokal yang bisa menjadi andalan tembus pasar internasional.

"Festival ini dapat membuat kita makin sadar atas potensi ekonomi berbasis hortikul. Berbagai komoditas kita yang bernilai ekspor, dan potensi holtikultur dapat kita tingkatkan produksinya sehingga nilai ekonominya meningkat," sebutnya.

Di hari terakhir gelaran festifal tersebut, panitia membuat tumpeng raksasa dengan berisi ratusan buah manggis dan durian, yang kemudian diarak dan diperebutkan oleh warga dan pengunjung yang datang. (min/hen) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:57
01:51
06:48
09:30
03:52
01:15
Viral