Aktivitas Gunung Semeru Meningkat.
Sumber :
  • Wawan Sugiarto

Aktivitas Masih Tinggi, Warga Semakin Waspada Gunung Semeru Terus Semburkan Lava Pijar Disertai Suara Gemuruh

Selasa, 14 Februari 2023 - 01:04 WIB

Lumajang, tvOnenews.com - Aktivitas Gunung Semeru (3.676 Mdpl) di Kabupaten Lumajang Jawa Timur, yang hingga saat ini masih berada pada status siaga (level 3), masih cukup tinggi dan belum menunjukkan tanda-tanda kembali normal.

Seperti yang terpantau dari Dusun Sumbersari, Desa Supit Urang Kecamatan Pronojiwo, dalam beberapa hari terakhir, Gunung Semeru, gunung tertinggi di Pulau Jawa ini kembali menunjukkan tingginya aktivitasnya.

"Sudah beberapa malam ini memang sering mengeluarkan lava pijar, letusan disertai suara gemuruh, " kata Sanhaji, Selasa (14/2/2023).

Lebih lanjut Sanhaji menuturkan jika warga sempat dibuat cemas dengan tingginya aktifitas Gunung Semeru akhir-akhir ini. Hampir setiap hari sering terdengar suara gemuruh, terutama pada malam hari. Sebagai upaya antisipasi, warga tetap meningkatkan kewaspadaan dan jarang tidur sore.


"Terus terang kami khawatir terjadi erupsi susulan pada malam hari. Apalagi malam ini hujan lebat disertai angin kencang juga terjadi, makin ndak bisa tenang, takut banjir lahar meluap, makanya kami semakin waspada meskipun sudah terbiasa, " imbuhnya.

Sementara itu, berdasarkan data dan laporan rutin petugas Pos Pantau Gunung Api (PPGA) Semeru, tercatat dalam 6 jam terakhir, pada periode pengamatan pukul 18.00 - 24.00 Wib, secara visual gunung kabut 0-III. Asap kawah tidak teramati.

"Letusan, hembusan asap secara visual tidak teramati karena gunung kebanyakan tertutup kabut, tulis Kepala PPGA Semeru LiswantoLiswanto dalam laporannya.

Namun secara kegempaan, tercatat telah terjadi 17 kali letusan, amplitudo 11-21 mm, dengan durasi selama 30 -105 detik, serta 3 kali hembusan amplitudo  15-30 detik.

"Untuk tingkat aktivitasnya, hingga saat ini gunung Semeru masih berada pada status siaga atau level 3, untuk itu warga tetap dihimbau selalu waspada dan mematuhi semua rekomendasi yang telah di berikan PVMBG, " pungkasnya. (wso/ade)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:10
05:46
01:09
15:57
07:09
02:26
Viral