limbah medis berserakan di TPS Bangkalan.
Sumber :
  • tim tvone - dimas farik

Puluhan Limbah Medis, Salah Satunya Bertuliskan HIV Berserakan di TPS Bangkalan, Ini Tanggapan PMI

Rabu, 22 Februari 2023 - 10:33 WIB

Bangkalan, Jawa Timur - Puluhan limbah medis, salah satunya bertuliskan HIV berserakan di sebuah Tempat Pembuangan Sampah sementara (TPS) di wilayah Bangkalan, Madura, menjadi sorotan publik.
Limbah medis bercambur aduk dengan limbah lainnya diketahui petugas kebersihan, dari Dinas Lingkungan hidup setempat, saat hendak mengangkut sampah rumah tangga di TPS yang berada di pinggir jalan raya Junuk, Bangkalan, pagi hari.

Kejadian yang mengejutkan warga hingga beredar di media sosial, membuat petugas dari Palang Merah Indonesia (PMI) Bangkalan angkat bicara.

"Iya, terimakasih kepada warga Bangkalan, kami telah ditegur. Yang jelas ini adalah keteledoran kami, di luar kontrol kami, ketika terikut limbah ke tempat rumah tangga," kata Sa'ad Asy'ari, Ketua PMI Kabupaten Bangkalan. 

Menurut Sa'ad, penanganan limbah medis sudah bekerja sama dengan PT Nusa guna mengatur dan pemusnahannya, sesuai dengan prosedur dan mekanisme yang telah disepakati. 

"Yang jelas untuk penanganan limbah medis, kami telah bekerja sama dengan PT Nusa yang sudah berjalan selama tiga tahun. Untuk tahun ini kami mulai tahun 2022 sampai 2023 telah melakukan MOU dengan mereka, dan secara rutin mereka yang melakukannya," tuturnya.

Ditambahkan Mantan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Bangkalan ini, kejadian tersebut menjadi bahan evaluasi agar lebih berhati-hati dalam bekerja seluruh karyawan, terutama petugas medis agar tidak seenaknya membuang sampah medis, terutama ke bagian pengelola sampah.

"Ini merupakan teguran ke kami secara tidak langsung. Kami mohon maaf kepada semua pihak. Kami akan melakukan langkah-langkah supaya lebih baik lagi kedepanya,” ucapnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral