Perjuangan 10 Siswa SDN 3 Kemuning Menuntut Ilmu Jalan Kaki 3 Kilometer.
Sumber :
  • tvOne - agus wibowo

Longsor isolasi 106 KK di Desa Kemuning, Perjuangan 10 Siswa SDN 3 Kemuning Menuntut Ilmu Jalan Kaki 3 Kilometer

Kamis, 23 Februari 2023 - 15:46 WIB

Pacitan, tvOnenews.com – 106 Kepala Keluarga di Desa Sempu, Kecamatan Tegalombo, Kabupaten Pacitan terisolir. Ini terjadi akibat lereng gunung ijo di desa setempat longsor hingga menghancurkan infrastruktur.

Hal ini menyulitkan bagi sejumlah anak sekolah warga  RT 5-9 RW 8 untuk menuju ke sekolah. Mereka adalah Tiara Puji Lestari, Dini Azizah, Ricky Setiawan, Clara Icha Ramadhani, Kendy Febia Valent, Nevida Amela Salsa, Rodhotul Ifanna, Melling, Wartini dan Aisyah Syifa.

Tempat mereka menimba ilmu adalah SDN 3 Kemuning yang berjarak sekitar 2–3 kilometer dari rumah. Namun, bukan urusan mudah bisa sampai di sekolah. Syifa dan teman-temannya itu harus melewati sungai dengan lebar 30 meter yang memisahkan rumah mereka dengan sekolah.

Bersama teman sekolahnya, Syifa berjalan kaki bisa sampai di sekolah dalam waktu 10 menit. Namun kini, dia beserta anak-anak lainnya membutuhkan waktu ekstra untuk ke sekolah. Paling tidak, mereka harus berangkat setengah jam sebelum bel masuk sekolah.

Bukan tanpa alasan, dua jembatan di atas sungai yang biasa mereka lewati ketika sekolah telah putus diterjang aliran banjir dan tanah longsor dari Gunung Ijo pada November 2022. Selain memutuskan akses jembatan, banjir saat itu juga berdampak pada makin lebarnya sungai yang membelah Dusun Sempu.

Melling, Pelajar kelas IV SD yang diantar Sri Winarti, ibunya menyeberangi sungai ini menyebutkan untuk menyeberang, membutuhkan ektra kewaspadaan. Karena diatas lereng gunung itu meski tidak cuaca hujan, bebatuan bisa turun.

"Rasa takut menghantui kami pak, takut ada banjir dan longsor yang tiba-tiba menerjang," sebutnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:07
02:26
01:49
01:21
00:54
11:01
Viral