Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Toni Hermanto.
Sumber :
  • tvOne - khumaidi

Gelar Jumat Curhat di Terminal Purabaya, Kapolda Dicurhati Soal Maraknya Aksi Pencabulan

Jumat, 24 Februari 2023 - 15:43 WIB

Sidoarjo, tvOnenews.com - Polda Jawa Timur melaksanakan program Jumat Curhat di Terminal Purabaya, Bungurasih, Waru, Sidoarjo, Jumat (24/2). Tidak hanya dapat bertatap muka langsung dengan masyarakat, pada kesempatan ini polisi menghadirkan beragam layanan masyarakat.

“Polda Jatim bersama jajaran melaksanakan Jumat Curhat, untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat seputar situasi kamtibmas, serta sebagai wujud kepedulian Polri, kami juga menghadirkan berbagai layanan masyarakat seperti vaksinasi booster, SIM keliling serta bakti kesehatan Polri,” jelas Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto.

Pada kesempatan dialog Jumat Curhat bersama masyarakat seputar kamtibmas Kapolda Jatim mengatakan, pihaknya bersama Forkopimda Jatim akan aktif keliling ke daerah-daerah untuk giatkan pertemuan kamtibmas. Harapannya melalui komunikasi aktif situasi kamtibmas di Jatim tetap aman dan kondusif.

Pertanyaan seputar kamtibmas dan soal pelaku pelaku pencabulan kian marak dan terus terjadi berulang ulang ini disampaikan salah satu warga Maria ulfa (42) warga Bungurasih, agar diaktifkan kembali peran tiga pilar. Dengan begini masyarakat dapat langsung menyampaikan berbagai keluhan atau gangguan kamtibmas, dan soal maraknya pelaku pencabulan yang tidak jerah terhadap hukumanya

"Pak Kapolda saya takut soal anak-anak pengawasan terhadap mereka saya minta pelaku di hukum kebiri untuk efek jerahnya agar kejadian serupa tidak terulang,” keluh Maria.

Menanggapi hal tersebut, Kapolda Jatim menjelaskan bahwa peran tiga pilar hingga tingkat desa tetap aktif. Terutama optimalisasi peran Bhabinkamtibmas, Babinsa dan perangkat desa, dan untuk pemberian hukuman pelaku pencabulan harus yang berupa kebiri itu harus di sahkan oleh anggota dewan perwakilan rakyat (DPR) polisi hanya menjalankan wewenang yang telah di putuskan.

Kegiatan Jumat Curhat, setelah berdialog dengan masyarakat di Terminal Purabaya dilanjutkan dengan peninjauan bakti kesehatan Polri, serba-serbi layanan Polri dan pemberian bantuan sosial paket sembako untuk masyarakat. (khu/gol)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:45
01:54
01:47
15:24
06:34
03:47
Viral