Pesawat TNI AU Latihan Isi Bahan Bakar dengan Pesawat Tanker USA.
Sumber :
  • tim tvone - miftakhul erfan

Pesawat Tempur TNI AU Latihan Isi Bahan Bakar di Udara dengan Pesawat Tanker Milik USA

Jumat, 24 Februari 2023 - 20:29 WIB

Magetan, tvOnenews.com - Guna bisa menambah Radius Action dan Loiter Time dalam sebuah misi penerbangan, Pesawat tempur F-16 milik TNI AU mengikuti latihan mengisi bahan bakar di udara atau Air To Air Refueling bersama pesawat Tanker milik Amerika Serikat. 

Pelatihan Air To Air Refueling Pesawat F-16 ini dibuka secara resmi di Gedung ACMI Lanud Iswahyudi Magetan, oleh Komandan Lanud Iswahyudi Marsma TNI Irwan Pramuda, SE, Senin (20/2). 

Dalam latihan ini, TNI AU melibatkan instruktur dari Air National Guard (ANG) USA, Penerbang Tempur F-16 TNI AU baik dari Skadron Udara 3 dan 14 Lanud Iswahjudi, juga Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin.

Selain melibatkan Instruktur dari Air National Guard (USA), pelatihan Air To Air Refueling yang akan berlangsung hingga 4 Maret mendatang ini, juga melibatkan dua home base yang berbeda dimana untuk Pesawat F-16 dari Lanud Iswahjudi Magetan, sedangkan untuk pesawat Boeing KC 135 Stratotanker USAF dari Lanud I Gusti Ngurah Rai, Bali.

“Pelatihan Air to Air Refueling ini bertujuan untuk mencetak para penerbang pesawat tempur F-16 agar memiliki kemampuan Air to Air Refueling, sehingga Pesawat F-16 bisa menambah radius Action dan Loiter Time dalam melaksanakan operasi dan latihan,” jelas Danlanud Iswahjudi. 

Lebih lanjut, Danlanud berpesan kepada para siswa untuk mengikuti pelatihan ini dengan serius, penuh semangat dan rasa tanggung jawab. Pasalnya latihan mengisi bahan bakar di udara ini merupakan pertama kali dalam 27 tahun terakhir. 

“Saya berharap kepada para penerbang, agar mengikuti setiap tahapan pelatihan sesuai prosedur yang ada, sehingga dapat memberikan hasil yang optimal,” imbuh Danlanud Iswahyudi. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:03
00:58
07:10
03:08
07:10
01:19
Viral