banjir Lamongan, Pemprov dan Pemkab patungan.
Sumber :
  • tim tvone - mahrus

Tangani Banjir Bengawan Njero Lamongan, Gubernur Khofifah : Pemprov dan Pemkab Tangani Pintu Air Kuro

Jumat, 24 Februari 2023 - 21:03 WIB

Lamongan, tvonenews.com - Gubernur Jawa timur Khofifah Indar Parawansa mengunjugi warga yang terdampak bencana banjir di Dusun Pujut, Desa Sukomulyo, Kecamatan Deket, Kabupaten Lamongan, Jumat (24/2/). Dalam kunjungannya, Khofifah menyebut penanganan banjir akibat luapan Sungai Bengawan Njero di Lamongan dibutuhkan anggaran 65 miliar.

Dana 65 miliar tersebut nantinya tidak hanya dibebankan pada Pemerintah Kabupaten Lamongan saja, namun Pemprov Jatim juga akan ikut membantu membiayai penanganan banjir tersebut.

"Hasil diskusi kami dengan tim teknis untuk penanganan banjir di Lamongan ini kita butuh sekitar 65 miliar dari 65 itu kita akan bagi sepertiga anggaran dari Pemkab dua pertiga dari Pemprov," kata Khofifah.

Khofifah mengatakan, Pemprov Jatim tiga tahun yang lalu juga pernah mengusulkan kepada Kementerian PUPR agar penanganan banjir di Lamongan diprioritaskan. Mengingat banjir disini, bisa berlangsung hingga berbulan-bulan. Namun usulan tersebut tak kunjung terealisasi.

"Sudah kita usulkan ke Kementerian PUPR karena ini juga wewenang pusat dan tiga tahun lalu juga sudah usulkan, karena banjir disini bisa hingga berbulan-bulan. Oleh karena itu harus dicarikan solusinya," jelas Khofifah.

Setelah berdiskusi dengan beberapa pihak, lanjut Khofifah, seperti tim teknis, Bupati Lamongan dan jajarannya, maka penanganan banjir tersebut perlu dilakukan pembangunan kembali pintu air Kuro dan normalisasi sungai.

"Setelah pulang dari sini saya akan membicarakan bersama Sekdaprov supaya penanganan banjir ini lebih terukur, karena pintu air Kuro ini yang perlu dibangun ulang untuk menangani banjir sungai Bengawan Njero di Lamongan," pungkasnya. (mmr/hen) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:40
03:35
01:05
01:25
06:32
09:22
Viral