Wakaf Progresif Masjid Jogokaryan, Yogyakarta, digelar di Masjid Baiturrozaq SIER, Rungkut Industri, Surabaya.
Sumber :
  • sandi irwanto

Belajar dari Masjid Jogokaryan Yogyakarta Terapkan Wakaf Progresif, Masjid Dapat Memakmurkan dan Mensejahterkan Umat

Senin, 27 Februari 2023 - 11:05 WIB

Surabaya, tvOnenews.com - Nama Masjid Jogokariyan Yogyakarta tersohor berkat pengelolaan wakaf progresif. Karena itu, banyak pengurus masjid di Surabaya yang saat ini berupaya belajar model pengelolahan manajemennya dan mengadopsinya demi kemakmuran dan kemaslahatan masyarakat di sekitar masjid.

Kajian terkait hal tersebut, Wakaf Progresif Masjid Jogokaryan, Yogyakarta, digelar di Masjid Baiturrozaq SIER, Rungkut Industri, Surabaya.  Kegiatan ini menghadirkan langsung Ketua Dewan Syuro Takmir Masjid Jogokariyan Yogyakarta, Ustaz Muhammad Jazir ASP. Kemudian juga hadir Direktur YDSF Jauhari Sani dan Pembina Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Rungkut Permai Rungkut Mapan Barat Surabaya, Wahyu P Kuswanda.

Ustaz M Jazir pada kesempatan ini membagikan rahasia kesuksesan dalam mengelola wakaf progresif di Masjid Jogokariyan Yogyakarta hingga mampu mensejahterakan umat maupun masyarakat sekitar.  Ustaz Muhammad berbagi ilmu manajemen pengelolaan wakaf tersebut kepada para takmir masjid dan Jemaah di masjid SIER Rungkut ini.

"Masjid Jogokariyan mencoba menjadi institusi keuangan umat atau wakaf ini agar bermanfaat sebagai sumber kesejahteraan rakyat," ungkapnya.

Wakaf progresif itu terbukti dapat menghasilkan keuntungan sebesar-besarnya bagi kesejahteraan rakyat dan menghilangkan pembebanan pembiayaan masjid dari infak melalui hasil wakaf.

Ustaz Jazir menyatakan konsep ini memiliki kesamaan dengan Kerajaan Mataram dan Undang-Undang (UUD) Pasal 33 bahwa bumi, air dan kekayaan yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat.

"Konstitusi kita itu melaksanakan konsep wakaf," tandasnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:57
01:37
02:00
03:51
00:45
06:20
Viral