Festival karapan sapi, Muhaimin Iskandar : harua dijaga dan dilestarikan.
Sumber :
  • tim tvone - dimas farik

Festival Karapan Sapi, Muhaimin Iskandar : Budaya Nenek Moyang Harus Dijaga dan Dilestarikan

Senin, 27 Februari 2023 - 11:53 WIB

Bangkalan, tvOnenews.com - Festival karapan sapi yang digelar di stadion Mohammad Noer Bangkalan Madura, didatangi langsung oleh Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar. Para rombongan pengurus PKB disambut oleh tokoh masyarakat, ribuan simpatisan dan relawan di lapangan khusus karapan sapi.

Muhaimin Iskandar merupakan salah satu bakal calon presiden 2024 mendatang, mengapresiasi festival budaya masyarakat Madura. Budaya karapan sapi dianggap mencerminkan banyak hal. Mulai dari sportivitas dalam kompetisi, kebanggaan serta melestarikan budaya dari nenek moyang yang harus tetap dijaga kelestariannya.

"Tentunya kami bisa menyaksikan dan menyukseskan pelenggaraan tradisi karapan sapi di Bangkalan ini. Ini tradisi karapan sapi tertua di Madura yang terus terjaga dengan baik," terangnya. 

Menurut Cak Imin, panggilan akrabnya mengatakan, festival atau pagelaran karapan sapi, merupakan salah satu bentuk ekonomi kreatif, yang bisa menggerakkan ekonomi masyarakat, yang ikut memperkokoh perekonomian menengah ke bawah.

"Di karapan sapi, ada sportifitas dan kegairahan, serta semangat yang tinggi. Kenapa harus didukung kerapan sapi, karena secara menjamah produksi di bidang ekonomi, baik yang menengah maupun ekonomi yang memiliki nilai tambah," tuturnya.

Pihaknya berharap, karapan sapi sebagai forum kekeluargaan, kebersamaan dan uji sportifitas diantara kita, sehingga hasil akhir memiliki rasa kebahagian dan kebersamaan. (fds/hen)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:04
01:52
00:44
03:48
01:02
01:32
Viral