Warga Banyuwangi mengolah sampah menjadi kompos secara massal..
Sumber :
  • tvOne - happy oktavia

Kurangi Tumpukan Sampah, Banyuwangi Buat Kompos Serentak

Senin, 27 Februari 2023 - 16:31 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com – Tumpukan sampah organik yang kerap meresahkan mulai dicarikan solusi di Banyuwangi. Warga diajak mengolah sampah organik menjadi kompos. Gerakan ini dilakukan serentak. Targetnya, warga bisa mengubah sampah menjadi barang berharga secara mandiri.

Tak hanya warga, gerakan mengolah sampah menjadi kompos melibatkan para pelajar, mahasiswa hingga berbagai lembaga. Termasuk, setiap desa diarahkan membuat kompos berbahan sampah organik.

“Gerakan ini untuk mengubah cara pikir bahwa sampah dari sisa makanan bisa diolah menjadi kompos. Ini bernilai ekonomis,” kata Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banyuwangi, Dwi Handayani, Senin (27/2) siang.

Gerakan membuat kompos ini serangkaian “Nasional Compost Day, Kompos Satu Negeri” yang diluncurkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Target dari pengolahan sampah mandiri ini adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus, lingkungan yang berkualitas, bersih, dan sehat.

Nantinya, warga diharapkan bisa memilah dan mengolah sampah organik rumah tangga secara mandiri. Misalnya, sampah sisa makanan, sayuran, daun-daunan dari taman dan lainnya dimanfaatkan menjadi pupuk kompos untuk tanaman. Sebab, pupuk kompos sangat penting untuk tanaman.

"Metode kompos ini dapat membuat sampah menjadi berkah,” tutupnya. (hoa/gol)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral