Sedekah Bumi di Sidoarjo, Warga Berebut Tumpeng Hasil Bumi.
Sumber :
  • tvOne - khumaidi

Sedekah Bumi di Sidoarjo Ricuh, Warga Berebut Tumpeng Hasil Bumi

Senin, 27 Februari 2023 - 18:03 WIB

Sidoarjo, tvOnenews.com - Gelaran Sedekah Bumi Ruwat Desa di Desa Jumputrejo, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo berakhir ricuh. Kericuhan terjadi saat ribuan warga berebut berbagai jenis tumpeng hasil bumi yang sebelumnya diarak keliling Kampung Beciro.

Ini diungkapkan oleh Eka Santi Mulyani (41) sebagai kepala dusun juga ketua panitia, hasil bumi berupa tumpeng diarak keliling kampung sepanjang dua kilometer dan berhenti di tempat punden Dusun Beciro, Desa Jumputrejo, Kecamatan Sukodono, Sidoarjo.

Dari acara arak-arakan juga ada pagelaran budaya berupa tokoh berpakaian pewayangan, tokoh adat, ala kerajaan, paranormal dan lainya. Mereka ikut dalam upaya melestarikan budaya nusantara.

Menurut Eka kericuhan terjadi karena warga tidak sabar untuk mendapatkan makanan berkah yang sudah diderikan doa-doa oleh sesepuh kampung, tumpeng yang berupa makanan buah dan sayur ini ludes dikeroyok oleh warga yang mencari berkah dan menolak bencana.

Para warga ini berebut tumpeng berukuran raksasa. Saking antusianya, masyarakat tidak menghiraukan panitia, sehingga situsai saling berdesakan dan histeris karena terjepit. Rebutan tumpeng sedekah bumi yang didominasi oleh ibu-ibu dan orang tua ini berebut untuk mendapatkan berkah.

Yudianto (47) masyarakat setempat mengaku, senang dengan pawai sedekah bumi ini bahkan dirinya juga membuat ogoh-ogoh yang diikutsertakan sebagai bentuk kepedulian cinta akan budaya Indonesia yang berbagai macam ragamnya.

"Sengaja saya ikut pawai budaya meskipun biaya pembuatanya diambil dari uang kantong saya sendiri. Tradisi ruwat dusun ini sudah dilakukan turun temurun untuk memperingati para leluhur,” pungkasnya.(khu/gol)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:58
06:16
01:54
01:38
00:54
05:03
Viral