bonsai super mini tembus ekspor.
Sumber :
  • tim tvone - dewi

Bonsai Mini Mulai Dilirik, Kini Tembus Ekspor

Selasa, 28 Februari 2023 - 11:25 WIB

Bojonegoro, Jawa Timur - Seorang ASN Guru asal Bojonegoro, berhasil mengembangkan tanaman bonsai mini hingga tembus ke negeri Jiran Malaysia. Di halaman rumahnya, tepatnya di Kelurahan Sumbang Gang Sawahan, Kecamatan Kota Bojonegoro, dipenuhi tanaman bonsai miliknya dengan berbagai jenis dan ukuran.
 
Mukidi bergelut dengan tanaman bongsai mini sejak 3 tahun lalu. Berawal dari hobi kemudian telaten dan terinspirasi dengan harga yang terjangkau berbagai kalangan yang menyukai bonsai, akhirnya tercetus ide bonsai paling mini.
 
“Kalau bonsai mini Alhamdulillah lebih mudah jualnya laris, karena banyak yang minta lebih dari satu, pernah sampai 10 bonsai,” ungkap mukidi.
 
“Ada yang beli kemudian dijual lagi, harga hanya berkisar sepuluh ribu paling laris bahkan dikirim ke kota–kota besar, seperti Bekasi dan Jakarta bahkan ke Malaysia,” kata Mukidi.
 
Rata-rata Bonsai Mukidi ini dijual dengan kisaran Rp10.000 hingga Rp100.000 per pohon. Jenis tanaman yang dibuat bonsai mini mulai dari jenis tanaman Sakura, Hokian tea, Sancang, Beringin Afrika, Dolar Mangkok, Seribu Bintang dan masih banyak jenis lainnya.
 
Salah satu pelanggan penggemar bonsai mini, Samuel mengaku sangat menyukai bonsai mini karena bentuknya sangat menarik dan cantik di dalam ruangan menjadi indah.
 
“Selain bentuknya bisa ditaruh di dalam ruangan rumah, harganya juga sangat terjangkau,” tandasnya. (dra/hen)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:44
02:01
06:13
08:31
03:29
04:25
Viral