Awas, bakteri Leptospira tingkat kematian penderita tinggi.
Sumber :
  • tim tvone - agus wibowo

Awas, Leptospirosis yang Merebak di Pacitan, Jenis Varian dengan Tingkat Kematian Penderita Tinggi, Ini Ulasannya

Rabu, 1 Maret 2023 - 13:53 WIB

Pacitan, tvOnenews.com - Leptospirosis merupakan penyakit zonosise yang disebabkan kuman perantaranya oleh bakteri Leptospira Ictherohemorrhagiae. Bakteri ini dapat menyebar melalui urine atau darah hewan yang terinfeksi. Beberapa hewan yang tergolong sebagai perantara penyebaran leptospirosis adalah tikus, sapi, anjing, dan babi. 

Penularan kuman bakteri Leptospira ke manusia dapat terjadi akibat kontak langsung antara kulit dengan urine hewan pembawa bakteri. Kontak antara kulit dengan air dan tanah yang terkontaminasi urine hewan pembawa bakteri. Konsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi urine hewan pembawa bakteri juga dapat disebut sebagai penghantar.

dr Joko Priyanto, SpPD, MSc, FINASIM, Dokter SpeSialis Penyakit Dalam di RSUD Pacitan ini menjelaskan, bakteri Leptospira dapat masuk ke dalam tubuh melalui luka terbuka, baik luka kecil seperti luka lecet, maupun luka besar seperti luka robek. Bakteri itu bahkan bisa masuk melalui mata, hidung, mulut, dan saluran pencernaan manusia. Leptospirosis bisa menular antar manusia melalui ASI atau hubungan seksual, tetapi kasus ini sangat jarang terjadi.

"Penderita leptospirosis cenderung mirip dengan gejala penyakit flu, akan tetapi lebih berat serta disertai dengan nyeri pada otot-otot terutama otot betis, serta kulit berwarna kekuningan pada tahap lanjut," jelasnya.

Bahaya dari bakteri Leptospira yang sewaktu-waktu dapat keluar bersama urine sehingga mengontaminasi air dan tanah. Karena di air dan tanah, bakteri tersebut  dapat bertahan selama beberapa bulan atau tahun.

Penderita Leptopirosis mengalami kondisi berat ketika seseorang terindikasi muncul batuk, sesak, tidak keluar urine, timbul perdarahan.

"Jika tidak segera tertangani medis dengan tepat, leptospirosis dapat menyebabkan kerusakan organ (ginjal, otot jantung, sistem saraf) bahkan mengancam nyawa," jelasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral