banjir dan longsor akibatkan sejumlah bangunan milik warga rusak dan jalan ambrol di pulau Bawean..
Sumber :
  • tvOne - m habib

Banjir dan Longsor Terjang Pulau Bawean Gresik, ketua DPRD: Infonya Akibat Banyak Penebangan Pohon

Sabtu, 4 Maret 2023 - 12:44 WIB

Gresik, tvOnenews.com - Bencana banjir bandang dan tanah longsor yang melanda Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Kamis kemarin, mendapat perhatian serius dari wakil rakyat di DPRD Kabupaten Gresik. Ketua DPRD Gresik, M Abdul Qodir mengaku jika bencana terjadi berdasarkan informasi yang didapat menyebut penyebabnya dikarenakan adanya kerusakan hayati.

"Karena info yang saya terima salah satu penyebab karena di tahun-tahun terakhir ini banyak penebangan pohon yg dibawa ke Jawa," kata Qodir pada awak media, Jumat (3/3).

Oleh karenanya, M. Qodir meminta pemerintah daerah Kabupaten Gresik melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk segera melalukan pengawasan dan pengecekan. Di Bawean, kata Qodir saat ini banyak hutan yang harus dilindungi.

"Jika itu memang benar, maka harus dipastikan reboisasi di Pulau Bawean segera dilakukan dan digalakkan," sambung Qodir.

Qodir menyampaikan, banjir dan longsor yang terjadi membuat ratusan rumah, jalan maupun jembatan putus, bahkan ada sekolah negeri yang ambruk.

"Saya minta Pak Bupati untuk segera perintahkan OPD terkait, yaitu BPBD, LH, PUTR dan CKPKP segera turun dalam mengatasi musibah ini," katanya.

Kepada BPBD Gresik, secara khusus Qodir meminta agar untuk segera mengirimkan bantuan logistik ke Bawean. Tak hanya itu, mitigasi bencana harus dilakukan sehingga tidak sampai ada korban jiwa.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral