BMKG warning gelombang tinggi di selatan pulau jawa.
Sumber :
  • Tim tvone - khumaidi

Waspada, Cuaca Ekstrem Tanggal 4-6 Maret 2023, BMKG Juanda Warning Gelombang Tinggi, Ini Wilayahnya

Sabtu, 4 Maret 2023 - 14:26 WIB

Sidoarjo, tvOnenews.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim Jawa Timur memberikan himbauan gelombang tinggi di beberapa wilayah perairan terutama di selatan Jawa Timur. Himbauhan ini diberikan untuk masyarakat agar menigkatkan kewaspadaan, terutama di pesisir selatan di Jawa Timur yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.

Himbuan ini dikeluarkan dan disampaikan mulai tanggal 04 Maret hingga 06 Maret 2023. Tinggİ gelombang mencapai 1.25 - 2.5 m, terjadi di laut jawa utara Bawean, laut jawa selatan Bawean, laut Jawa, barat Masalembo, laut Jawa timur Masalembo. 

Sedangkan untuk Peraİran selatan Jatİm, tinggi gelombang mencapai 2.5 - 4.0 m dapat terjadi di Samudera Hindia bagian selatan Jawa timur.

BMKG Maritim Jawa Timur menghimbau pada perahu nelayan, kapal tongkang, kapal fiber agar waspada dengan gelombang tinggi di beberapa wilayah di perairan Jawa Timur.

Tinggi gelombang juga bisa dipengarui oleh keberadaan awan cumulo nimbus (Cb) yang luas dan gelap bisa menambah kecepatan argin 8 tinggi gelombang.

Ketinggjan gelombang diperkirakan berdasarkan gelombang signifikan, gelombang maksimum dapat mencapai 2 kali ketinggian gelombang signifikan. (khu/hen)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral