Candi Gedog Blitar kembali diekskavasi.
Sumber :
  • tim tvone - imron

Gali Penampakan Pagar, Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah Kembali Ekskavasi Candi Gedog Blitar

Rabu, 8 Maret 2023 - 13:07 WIB

Blitar, tvOnews.com – Tim Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XI kembali melakukan ekskavasi pada situs bangunan Candi Gedog di Kelurahan Gedog, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar. 

Pada penggalian tahap keempat ini, tim ekskavasi akan melakukan penggalian untuk memperluas penggalian, mencari pagar Candi Gedog.

"Untuk ekskavasi lanjutan ini, kita fokus penggalian dengan penampakan pagar keliling candi. Kemarin bagian atasnya nampak saat dilakukan bersih-bersih," jelas Nugroho Harjo Lukito, Arkeolog Balai Pelestarian Kebudayaan (Bapelbud) Wilayah XI), Rabu (8/3).

Ekskavasi lanjutan di Candi Gedog dijadwalkan akan dilakukan selama 10 hari kedepan. Sebelum melakukan penggalian, tim ekskavator dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menggelar doa bersama dengan warga sekitar sebelum melakukan kegiatan.

Tim ekskavator akan melakukan penggalian pada sisi utara candi terlebih dahulu. Selanjutnya, apabila pagar candi berhasil ditampakkan, maka akan dilakukan landscaping dengan candi induk.

"Jika memungkinkan, tim juga akan memeriksa bagian tengah candi. Karena pada ekskavasi sebelumnya itu sempat ditemukan Candi Perwara atau candi pendamping juga," terangnya.

Dalam upaya penggalian situs, tim ekskavator akan menggunakan alat berat untuk mempercepat penggalian. (min/hen)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:58
06:38
01:04
05:15
09:25
Viral