Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah 11 Jawa Timur Datangi Lokasi Benda Purbakala yang Hilang di Sidoarjo.
Sumber :
  • tvOne - khumaidi

Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah 11 Jawa Timur Datangi Lokasi Benda Purbakala yang Hilang di Sidoarjo

Jumat, 10 Maret 2023 - 17:29 WIB

Sidoarjo, tvOnenews.com - Menanggapi laporan adanya dua benda purbakala di Sidoarjo yang hilang, Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah 11 Jawa Timur langsung ke lokasi tempat hilangnya benda purbakala berupa Yoni di Dusun Cari, Desa Banjarsari, Buduran, Sidoarjo. Selain datang ke lokasi tempat hilanggnya Yoni, Balai Pelestarian Kebudayaan juga mendatangi tempat arca dewi durga yang hilang di Desa Wilayut, Sukodono, Sidoarjo.

Tim yang melakukan pendataan dan pencatatan benda purbakala ini membenarkan dua benda yang diduga cagar budaya di Sidoarjo hilang dari tempatnya.

"Hari ini saya bersama tim melakukan pendataan dan melakukan pencataan selain benda yang hilang tersebut ada benda purbakala apa lagi di tempat ini," kata Mohamad Ihwan.

Ihwan juga menambahkan pihaknya berkerjasama dengan Polda Jawa Timur dan kepolisian setempat, yaitu Polresta Sidoarjo dan Polsek Buduran, agar hal serupa tidak terjadi. Sebab benda purbakala sangat penting untuk mengungkap sejarah.

Ihwan juga memberikan kewaspadaan terhadap semua daerah yang mempunyai benda purbakala agar dijaga dengan baik.

"Ini menilik adanya beberapa kasus dugaan tindak pidana pencurian Objek Diduga Cagar Budaya (ODCB) dan Cagar Budaya (CB) dalam beberapa Minggu ini di wilayah Provinsi Jawa Timur, seperti di Kabupaten Malang, Magetan, Madiun, dan Sidoarjo maka kami mengharap perlu adanya pendataan, penjagaan, dan pemantauan, serta memberikan imbauan kepada masyarakat ataupun komunitas/penggiat kebudayaan untuk berpartisipasi secara aktif dalam bentuk gerakan peduli pelestarian cagar budaya sebagai upaya pelestarian ODCB dan CB di Kabupaten dan Kota se-Wilayah Provinsi Jawa Timur," pungkasnya. (khu/gol)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:43
02:06
03:27
02:55
04:42
04:28
Viral