P2P Dinkes Pacitan Dituntut Gerak Cepat Hentikan Laju Leptospirosis, FPPA Gelar Sayembara Tangkap Tikus.
Sumber :
  • tvOne - agus wibowo

Jelang Ramadhan, P2P Dinkes Pacitan Dituntut Gerak Cepat Hentikan Laju Leptospirosis

Jumat, 10 Maret 2023 - 17:47 WIB

Pacitan, tvOnenews.com - Bulan suci Ramadhan sudah di depan mata. Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Pacitan dituntut kerja keras untuk segera atasi sebaran bakteri leptospira yang mewabah di Pacitan. Penyakit leptospirosis yang membuat khawatir warga ini diyakini akan sangat memengaruhi ibadah ketika bulan puasa.

Menyikapi hal tersebut, Forum Pewarta Pacitan berencana menggelar sayembara menangkap tikus bagi para petani dan warga di Kabupaten Pacitan. Ini merupakan bentuk apresiasi kepada masyarakat yang berhasil menangkap tikus sebagai upaya mencegah penyebaran bakteri leptospira dan membasmi hama tikus yang merusak tanaman.

Menurut Ketua Pelaksana Sayembara, Masnan Yuanto, sayembara ini digelar selain untuk mengatasi persoalan hama tikus yang menyerang tanaman petani hingga gagal panen, juga meminimalisir warga terjangkit bakteri Leptospira yang saat ini tengah merebak di tujuh Kecamatan di Pacitan. Terlebih, seminggu lagi memasuki bulan puasa.

"Pekan depan sudah puasa. Jangan sampai karena leptospirosis tidak tertangani dengan baik, mengganggu ibadah umat muslim di Pacitan. Sayembara itu tersebut nantinya berburu hama tikus secara mandiri. Warga atau kelompok yang berhasil menangkap tikus paling banyak akan mendapat hadiah," katanya.

Masnan menambahkan, sayembara rencananya akan digelar sepekan ke depan sebelum puasa Ramadan. Dengan harapan dapat memacu semangat para petani dan warga dalam pengendalian hama tikus atau menurunkan populasinya, serta memaksimalkan ibadah di bulan puasa dalam keadaan sehat.

"Sayembara ini guna pencegahan dan pengendalian bakteri leptospira. Juga turut serta Pewarta Pacitan dalam mengurangi resiko masyarakat terjangkit leptospirosis," tambahnya.

Sementara itu, total hadiah yang disiapkan senilai jutaan rupiah. Hingga saat ini, kegiatan pengendalian dan pencegahan bakteri Leptospira oleh P2P Dinas Kesehatan Pacitan masih belum dirasakan masyarakat sebab angka sebaran leptospirosis belum dapat dapat ditekan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
02:28
01:48
Viral