Unik! Tangkap Tikus di Pacitan Dapat Insentif.
Sumber :
  • tim tvone/Agus Wibowo

Sayembara Unik! Tangkap Tikus di Pacitan dapat Insentif, Ini Kriterianya

Minggu, 12 Maret 2023 - 14:07 WIB

Pacitan, tvOnenews.com - Sayembara unik ada di Kabupaten Pacitan, yakni tangkap tikus malah dapat insentif. Sontak hal ini membuat warga beramai-ramai di sejumlah daerah Kabupaten Pacitan berburu tikus. 

Perburuan ini sengaja dilakukan untuk membasmi tikus yang saat ini populasinya sedang meningkat. Dimana tikus bisa menjadi hama yang selalu merusak tanaman dan barang, dan berakibat fatal terhadap kehidupan manusia.

Tak hanya itu saja, serangan tikus biasa mengganas pada musim hujan, apalagi musim kemarau. Hal ini begitu merugikan para petani.

Menurut keterangan Tukino (47) salah seorang anggota kelompok Tani Kecamatan Tulakan, berburu tikus oleh warga ini dilakukan sebagai upaya mengurangi ancaman penyakit leptospirosis. Selain itu basmi tikus agar tidak gagal panen.

"Dari hasil berburu diperoleh puluhan tikus dari pematang sawah dan tanggul saluran air, bahkan bangunan rumah yang biasa menjadi tempat bersarang tikus. Lumayan dapat uang bisa buat nambahi keperluan dapur," ucapnya.

Masnan Yuanto, Ketua Pelaksana Sayembara tangkap tikus ini mengatakan pelaksanaan sayembara dari tanggal 10 Maret lalu dan akan ditutup pada 15 Maret 2023. Sudah digelar di 6 kecamatan terdampak leptospirosis. Peserta sayembara adalah kelompok tani.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:21
01:11
02:02
02:06
01:46
08:21
Viral