Musim Tanam Petani Tidak Patuh Gunakan APD.
Sumber :
  • tvOne - agus wibowo

Musim Tanam Petani Tidak Patuh Gunakan APD, Ini Penjelasan dr Daru Mustiko Aji

Selasa, 14 Maret 2023 - 15:53 WIB

Pacitan, tvOnenews.com - Pencegahan dan pengendalian penyakit sebagai upaya penurunan insidens, prevalens, morbiditas atau mortalitas dari suatu penyakit mempunyai peranan penting untuk mengukur derajat kesehatan masyarakat. Indikator yang digunakan dalam menilai derajat kesehatan masyarakat adalah angka kesakitan dan kematian akibat penyakit.

Peran tenaga kesehatan masyarakat disini sangat penting dalam penanganan penyakit, seperti leptospirosis yang saat tengah merebak di sejumlah Kecamatan di Pacitan. Utamanya komunikasi risiko dan edukasi masyarakat terkait penyakit itu. Kemudian melakukan penyelidikan kasus dan investigasi wabah.

PLT Kepala Dinas Kesehatan, dr Daru Mustiko Aji menyampaikan, kepatuhan warga baik itu petani maupun peternak bahkan orang yang bekerja di lingkungan berpotensi terserang penyakit masih kurang. Banyak petani di sawah yang enggan memakai alat pelindung diri seperti gunakan sepatu atau kaos tangan dan lainnya.

"Untuk melindungi dirinya sebagai upaya pencegahan terserang penyakit, APD bukan aturan yang saklak. Ketika petani di sawah tidak memungkinkan memakai sepatu boot saat tanam padi, namun dianjurkan setelah dari sawah langsung mencuci bersih seluruh badan dengan sabun," jelasnya.

dr Daru menambahkan, manakala petani yang memiliki luka masih bisa ke ladang atau sawah tanpa APD.

"Bakteri leptopira tidak langsung masuk ke tubuh melalui luka itu, tapi butuh waktu lama masuk ke aliran darah. Jeda waktu itulah kesempatan untuk ketika selesai kerja luka di cuci pakai sabun. Itu sudah pencegahan. Begitu juga warga lain, PPHBS yang harus di terapkap," imbuhnya.

Situasi saat ini membutuhkan kemitraan berbagai pihak dan kesiapan sumber daya manusia pendukungnya sebagai upaya pencegahan dan deteksi dini penyakit.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral