Kepala Purpusnas Dorong Ekonomi Tumbuh Maju dari Masyarakat yang Gemar Membaca.
Sumber :
  • tvOne - zainal azkhari

Kepala Purpusnas Dorong Ekonomi Tumbuh Maju dari Masyarakat yang Gemar Membaca

Rabu, 15 Maret 2023 - 16:17 WIB

Surabaya, tvOnenews.com – Bacalah, karena banyak membaca bisa membuka pintu dunia, falsafah tersebut merupakan upaya meningkatkan budaya gemar membaca dengan menyadarkan masyarakat tentang manfaat dan potensi ekonomi yang bisa muncul dari literasi.

Muhammad Syarif Bando, Kepala Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas) dalam rapat koordinasi daerah (Rakorda) Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Timur di gelar di Surabaya mengatakan, sesuai amanat Undang-undang 1945 dalam upaya meningkatkan minat pendidikan dan menumbuhkan minat membaca, merupakan tugas seluruh komponen masyarakat. Setiap orang wajib ikut serta mencerdaskan dan menyejahterakan anak bangsa.

“Bagaimana cara meningkatkan budaya baca, tanamkan kepercayaan bahwa kita akan menjadi kaya kalau punya penguasaan terhadap ilmu pengetahuan,” ungkapnya.

Literasi seperti yang diungkapkan Kepala Perpusnas adalah kedalaman pengetahuan seseorang terhadap satu subjek ilmu pengetahuan tertentu, yang bisa diimplementasikan untuk memproduksi barang dan jasa. Namun dalam hal literasi, Kepala Perpusnas mengatakan kurangnya jumlah buku bacaan masih menjadi masalah.

Namun, hal itu bisa diatasi pemerintah daerah dengan mendorong menyiapkan buku-buku ilmu terapan dan menulis berbagai potensi yang dimiliki daerahnya.

“Fokus kita kepada buku-buku ilmu terapan dibagi sebanyak mungkin ke desa dan kami mengajak betul para civitas akademika ikut menulis buku ilmu terapan. Karena merdeka belajar maknanya adalah orang di lingkungan pendidikan itu bisa mengerti apa yang menjadi kebutuhan orang di sekitarnya,” ujarnya.

Kepala Perpusnas menjelaskan, dalam kaitannya mendorong ekonomi kerakyatan, perpustakaan menghadirkan program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial. Lahirnya program ini dapat memberi peluang kepada masyarakat untuk menciptakan usaha dan lapangan kerja.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral