Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda kembali mengeluarkan peringatan dini cuaca buruk hujan.
Sumber :
  • tvOne - khumaidi

BMKG Juanda Keluarkan Peringatan Dini Waspada Cuaca Extrim Hujan Sepekan Kedepan di Jawa Timur

Jumat, 17 Maret 2023 - 14:32 WIB

Sidoarjo, tvOnenews.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda kembali mengeluarkan peringatan dini cuaca buruk hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, dan angin kencang di sertai petir untuk beberapa hari kedepan wilayah Jawa Timur, hari ini sampai tanggal  19 Maret 2023.

Hal ini di sampaikan oleh Kepala Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika (BMKG) Juanda Taufiq Hermawan saat di hubungi tvOnenews.com. Menurut Taufiq, beberapa wilayah di Jatim masih punya peluang dan berpotensi hujan deras dan angin kencang, karena masih adanya terdapat daerah konvergensi di sebelah utara Jawa Timur.

“Hal ini menyebabkan adanya potensi peningkatan intensitas hujan terutama di bagian tengah dan utara Jawa Timur. Kelembaban udara pada lapisan 850mb, 700mb, dan 500 mb cenderung basah,” ujar Taufik.

Untuk cuaca tanggal 17 Maret 2023 di wilayah Jawa Timur diprakirakan masih berpotensi hujan ringan hingga lebat pada siang, sore,dan malam hari. Prospek kondisi cuaca di Jawa Timur hingga sepekan kedepan diprakirakan masih terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat pada pagi, siang, sore dan malam hari di sebagian wilayah Jawa Timur antara lain Kab. Bojonegoro, Kab. Bondowoso, Kab. Jombang, Kab. Malang, Kab. Trenggalek, Kab. Kediri, Kab. Bangkalan, Kab. Blitar, Kab. Jember, Kab. Madiun, Kab. Magetan, Kab. Nganjuk, Kab. Ngawi, Kab. Pacitan, Kab. Pasuruan, Kab. Ponorogo, Kab. Probolinggo, Kab. Sampang, Kab. Tuban, Kab. Tulungagung, Kab. Lamongan, Kota Madiun, Kab. Situbondo, Kab. Banyuwangi, Kab. Gresik, Kota Blitar, Kab. Lumajang, Kota Kediri, Kota Pasuruan, Kota Probolinggo, Kota Batu.

“Masih terdapat potensi terjadinya cuaca ekstrim di sebagian wilayah Jatim pada sepekan kedepan,” tegas Taufik.

Taufiq juga menambahkan, peningkatan kewaspadaan ini di keluarkan oleh BMKG Juanda agar masyarakat di Jawa Timur terutama yang berada di kawasan potensi banjir dan lereng gunung agar meningkatan kewaspadaan akan adanya bencana hidrometeorologi yang dapat mengakibatkan , banjir ,tanah longsor, dan angin kencang di sertai petir.

“Saya mengeluarkan himbauan kewaspadaan terhadap cuaca buruk kepada masyarakat, agar masyarakat tangap dan waspada terhadap adanya kondisi cuaca buruk yang sewaktu-waktu terjadi," pungkasnya. (khu/gol)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral