jelang Ramadan, Ganjar ‘Nyadran’ ziarah ke Makam Sunan Ampel.
Sumber :
  • tim tvone - zainal ashari

Jelang Ramadan, Ganjar Pranowo ‘Nyadran’ Ziarah ke Makam Sunan Ampel, Ditengah Safari Politik Anies Baswedan di Surabaya

Sabtu, 18 Maret 2023 - 20:21 WIB

Surabaya, tvOnenews.com - Selama 30 menit Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, melantunkan tahlil dan doa di samping pusara Sunan Ampel Surabaya, Jumat (17/3) malam.
Ziarah di makam sunan yang bernama asli Syekh Ali Rahmatullah ini, merupakan titik pertama dari rangkaian nyadran atau ziarah yang dilakukan Ganjar bersama istri, Siti Atikoh sebelum memasuki bulan Ramadan 1444 H. 

Tiba di gerbang pemakaman pukul 20.25 WIB, Ganjar langsung dikerumuni peziarah yang ingin bersalaman. Alunan tahlil dan doa terdengar dari dua bagian komplek pemakaman, yakni bagian peziarah laki-laki dan perempuan.

Setelah mengambil wudhu, Ganjar langsung digandeng dua keturunan Sunan Ampel untuk memasuki area pemakaman keluarga inti Sunan Ampel yang menjadi bagian terdalam pemakaman. Gus Abubakar, salah satu keturunan Sunan Ampel mengatakan itu adalah tempat ziarah paling istimewa. 

"Tidak semua orang bisa masuk ke bagian ini. Alhamdulillah kita bisa mengantar Pak Ganjar sampai pada titik ini," kata Gus Abubakar.

Ganjar langsung bersimpuh tepat di samping pusara Sunan Ampel dan melantunkan kalimat tasbih, serta tahlil yang dipimpin Gus Abubakar. 

"Subhanallah wabihamdih, Subhanallahil 'adzim. Laa ilaha illallah, laa ilaha illallah,” lantun Ganjar.

Begitu runtutan bacaan tahlil, Ganjar bersama istri mengamini doa-doa yang diungkapkan oleh Gus Abdul Muis Azis yang merupakan cicit pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Bisri Syansuri. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral