Serunya Menyusuri Rimba di Pacitan, Didik Anak Kenali Alam dan Jaga Kelestariannya.
Sumber :
  • tvOne - agus wibowo

Serunya Menyusuri Rimba di Pacitan, Didik Anak Kenali Alam dan Jaga Kelestariannya

Senin, 20 Maret 2023 - 15:22 WIB

Pacitan, tvOnenews.com - Seru, puncak Hari Bhakti Rimbawan Jawa Timur gelar Ekspedition Lintas Alam di Pacitan dengan menempuh jarak 8 kilometer diikuti ratusan peserta. Peserta tidak hanya dari lokal Pacitan saja, namun juga siswa-siswi gugus depan dan dari masyarakat umum yang datang dari daerah seperti Trenggalek, Tulungagung dan Kediri.

Kegiatan dalam rangka Hari Bhakti Rimbawan Jatim 2023 ini digelar oleh Cikalplus Adventure dengan menggandeng Dinas Kehutanan dan pengelola obyek wisata Alam Mentari Hill pada Minggu (19/3).

Lintas alam berlangsung seru. Di tengah guyuran hujan ratusan peserta antusias mengikuti Ekspedition Lintas Alam. Para peserta akan menempuh rute sepanjang kurang lebih 8 kilometer dengan medan menantang. Selain melewati tebing tanjakan dan turunan penuh tantangan, peserta juga akan menemukan rute menarik karena melintas di area pantai dan keindahan alam yang memanjakan mata.

Rina Susianti, Ketua Panitia Hari Bhakti Rimbawan se Jawa Timur mengatakan, Acara Hari Bhakti Rimbawan se Jawa Timur ini bertema Hijaukan Bumiku, Birukan Langitku. Diikuti oleh 186 peserta siswa siswi gugus depan dari berbagai sekolah se Kabupaten Pacitan dan dari Sekolah luar kota Pacitan. 

"Kegiatan Hari Bhakti Rimbawan ini sudah yang ketiga kalinya dilaksanakan di Pacitan. Kenapa di Pacitan, karena alam Pacitan memiliki tantangan. Selain itu memang banyak alam Pacitan yang disuguhkan sebagai daya untuk menarik wisatawan. Yang pertama kita laksanakan di tahun 2019 pada acara sport one, yang kedua di wisata Watu Bale dan yang ketiga ini di laksanakan di kawasan Wisata Alam Mentari Hill," ucapnya.

Sedangkan, lomba lintas alam menelusuri hutan bertujuan untuk lebih mengenalkan alam dan berbagai tanaman yang ada dalam hutan. Tak hanya itu saja, kelestarian hutan wajib dijaga. Dalam lintas alam ini peserta dianjurkan menanam tanaman jenis kayu kayuan untuk kelestariannya.

Ekspedition Lintas Alam 3 melombakan 5 kategori, yakni kategori perorangan putra dan putri, kategori beregu putra dan putri serta kategori beregu kompak yang heboh dan terfavorit. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:50
01:01
03:57
04:33
03:48
05:06
Viral